• Backup Home
  • Home 2
  • Privacy Policy
  • Qasidah dan Shalawat Page
  • Rawi Simthud Duror dan Terjemah
  • Tentang Kami
  • Home
Kitab Kuning Digital
No Result
View All Result
Friday, May 16, 2025
  • Home
  • Kajian Kitab
    • Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu
    • Tafsir Mimpi Ibnu Sirin
    • Safiinatun Najaah
    • Taklim Muta`allim
  • Qasidah
  • PDF Kitab Kuning
  • Khutbah
  • Manakib
  • Shalat
  • Apps
  • Artikel
  • Tentang Kami
  • Home
  • Kajian Kitab
    • Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu
    • Tafsir Mimpi Ibnu Sirin
    • Safiinatun Najaah
    • Taklim Muta`allim
  • Qasidah
  • PDF Kitab Kuning
  • Khutbah
  • Manakib
  • Shalat
  • Apps
  • Artikel
  • Tentang Kami
No Result
View All Result
Kitab Kuning Digital
No Result
View All Result
  • PDF
  • Qasidah
  • Doa-doa
  • Kajian Kitab
  • Tuntunan Ibadah
  • Apps
  • Artikel
  • Infografis
  • Khutbah
  • Manakib
  • Tanya Jawab Keislaman
  • Tentang Kami
Home Kajian Kitab Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu

Jihad Sebagai Jalan Terakhir

Muhammad Fariz Kasyidi by Muhammad Fariz Kasyidi
2024-02-02
in Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu, Kajian Kitab
Reading Time: 3 mins read
A A
0
1
SHARES
6
VIEWS
FacebookTwitterWhatsappTelegramLine

الجهاد كان آخر الذرائع

Jihad Sebagai Jalan Terakhir

إن الله سبحانه وتعالى لما أرسل رسوله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أمره أن يدعو الناس إلى الإسلام بالحكمة والموعظة الحسنة والرفق واللين وإقامة الحجة على صحة الدين الإسلامي وصدق ما يبلغهم به. كما أنه أبان له بأن الذين التفوا حوله من المسلمين ما أسلموا ولا انضموا إليه إلَّا لذلك. وهذا مصداق قوله تعالى:

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta’ala tatkala mengutus RasulNya Shallallahu ‘alaihi wasallam. memerintahnya agar mengajak manusia untuk masuk Islam dengan hikmah, mauizah hasanah, lemah lembut, penuh kasih sayang, dan memberikan argumntasi berdasarkan kebenaran agama Islam yang disampaikan kepada mereka. Sebagaimana Ia menjelaskan bahwa orang-orang Islam yang berkumpul di sekelilingnya tidaklah masuk Islam dan tidak bersatu melainkan dengan cara-cara yang telah disebutkan diatas. Hal ini dikuatkan dengan firman Allah Ta’ala:

﴿ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ﴾

        Artinya: “Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu”. (Ali Imran: 159

فلما قام صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بالدعوة كما أمره الله وهو فرد واحد لا معين له ولا من يشد به عضده إلَّا البرهان الساطع. والتحدي بالمعجزات التي لا يبقى أمامها معارض. ولا يبقى بعدها للمضلين حجة فآمن من آمن. وبقي على الكفر من بقي.

Sesudah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan da’wahnya sebagaimana yang diperintahkan Allah, sementara beliau sendirian tak seorangpun memban tunya dan menguatkannya kecuali petunjuk yang terang. Dengan mu’jizat ia menghadapi tantangan sehingga tiada penentang yang tinggal dan tiada alasan bagi orang-orang yang menyesatkan. Maka berimanlah orang yang beriman dan kafirlah orang yang tetap dalam kekafirannya

فطفق يدعوهم إلى الإسلام بهذا الأسلوب الذي أدبه به مولاه فأصروا على العناد والكفر. فلم يثن ذلك له عزما. بل أخذ يدعوهم إلى الهدى ودين الحق وأوضح لهم النهج القويم. فلم يزدادها إلا عنادا وما زال يدعوهم باللين والرفق. والحجة. والمعجزة بين يديه حتى تعمدوا له الأذى وهموا بقتله.

Beliau mulai mengajak mereka masuk Islam dengan cara yang diajarkan oleh Tuhan, lalu mereka tetap menyangkal dan mengkufurinya. Hal itu tidak menjadi halangan baginya, maka beliau mengajak mereka kepada petunjuk dan agama kebenaran. Dan menjelaskan kepada mereka jalan yang lurus. Kendatipun demikian mereka tetap mengingkarinya. Nabipun terus menerus mengajak mereka dengan lemah lembut, kasih sayang, dengan argumentasi dan muʼjizat yang ada di tangannya. Namun mereka menyakiti dan hendak membunuhnya.

فهاجر فاتبعوه بالأذى فصبر على أذاهم الشديد. وأي أذى أشد بعد إرادتهم له القتل. ولولا أن الله أرسله رحمة للناس كافة لأنزل بهم من العذاب ما كان ينزله على الأمم الغابرة من إغراق وصواعق و مسخ.

Akhirnya beliau pindah, sementara mereka masih tetap menyakitinya. Iapun bersabar atas siksaan mereka yang pedih. Siksaan mana yang lebih pedih dari pada kehendak mereka untuk membunuhnya. Sekiranya Allah tidak mengutusnya sebagai rahmat bagi manusia, niscaya Allah menurunkan siksaan kepada mereka seperti yang diturunkan kepada ummat-ummat yang terdahulu. Baik berupa penenggelaman, guntur, atau pemusnahan.

وما زال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قائما بالدعوة لم يسرج للغزو فرسا، ولم يشهر رمحا. حتى نقض المشركون العهود. واعتدوا على المسلمين.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam tetap menjalankan da’wahnya, tetapi tidak pernah memasang pelana di atas punggung kuda untuk berperang, dan tidak pernah memperkenalkan tombak kecuali jika orang-orang musyrik melanggar janji, dan memusuhi orang-orang Islam.

ولما كثر المسلمون بدخولهم في دين الله أفواجًا خشي المشركون بأسهم وأرادوا استئصالهم عن آخرهم فاجتمعت القبائل من كل مكان فأمر الله رسوله محاربة المشركين كافة كما أرادوا محاربتهم كافة. وهذا مصداق قوله تعالى:

Setelah ummat Islam menjadi banyak karena banyaknya mereka yang masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka orang-orang musyrik khawatir akan kekuatan ummat Islam dan mereka hendak mencabut dari akar-akarnya. Seluruh suku dari setiap tempat berkumpul. Maka Allah memerintah RasulNya untuk memerangi orang-orang musyrik seluruhnya. Sebagaimana mereka hendak memerangi seluruh ummat Islam. Hal ini dikuatkan dengan firman Allah Ta’ala:

﴿ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَآفَةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَآفَةً ﴾

Artinya: “Dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagiamana merekapun memerangi kamu semuanya”. (At Taubah 36)

وأمر المسلمين بأن يقاتلوهم إذا اعتدوا عليهم .فمن هنا يعلم أن الجهاد كان آخر الذرائع. حيث لم يبق في قوس الصبر منزع. ولا في دفع أذى المشركين طريق .

Allah memerintahkan orang Islam untuk memerangi mereka jika mereka memusuhi. Dari sini dapat diketahui bahwa jihad adalah jalan terakhir, bila telah habis kesabaran dan tidak ada jalan lagi untuk mencegah siksaan kaum musyrik.

Related

ShareTweetSendShareShare
Previous Post

Islam Tersebar dengan Sendirinya

Next Post

Hikmah Upeti Bagi Kaum Zimmi

Muhammad Fariz Kasyidi

Muhammad Fariz Kasyidi

Artikel Terkait

Tafsir Mimpi Melihat Kota: Simbol Persatuan, Keamanan, dan Kehidupan Sosial
Kajian Kitab

Mimpi Makan Aprikot: Simbol Kesehatan, Keuangan, dan Perubahan Hidup

by Muhammad Fariz Kasyidi
2024-11-19
0

Aprikot - المشمش المشمش: المشمش مرض، وأكل الأخضر منه تصدق بدنانير وبرء من مرض، وأكل الأصفر نفقة مال في مرض،...

Read moreDetails
Mimpi Melihat Syimar: Pertanda Pujian dan Kebaikan?

Mimpi Tanah Liat: Simbol Kekayaan, Kehidupan Baru, atau Kesulitan?

2024-11-16

Mimpi Shalat di Baitul Maqdis: Pertanda Warisan dan Keimanan yang Kuat

2024-11-02

Mimpi Jin Membaca Al-Quran: Pertanda Kedudukan atau Ujian?

2024-11-05
Next Post

Hikmah Upeti Bagi Kaum Zimmi

Hikmah Pembagian Al Fai'

Hikmah Pembagian Ghanimah (Rampasan Perang)

Hikmah Bertanding

Please login to join discussion

© 2023 DH Tech - Daarul Hijrah Tech Kitab Kuning Digital.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • PDF
  • Qasidah
  • Doa-doa
  • Kajian Kitab
  • Tuntunan Ibadah
  • Apps
  • Artikel
  • Infografis
  • Khutbah
  • Manakib
  • Tanya Jawab Keislaman
  • Tentang Kami

© 2023 DH Tech - Daarul Hijrah Tech Kitab Kuning Digital.