SHALAT SUNAT SEBELUM SHALAT JUM’AT
Pertanyaan :
Apakah ada shalat sunnah qabliyah bagi shalat Jum’at?
Jawaban : Ada. Sebelum shalat Jum’at disunatkan shalat sunat qabliyah seperti shalat Zhuhur, karena sabda Rasulullah Saw. dalam hadits sahih.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ t قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ r: مَا مِنْ صَلاَةٍ مَفْرُوْضَةٍ إِلاَّ وَبَيْنَ يَدَيْهَا رَكْعَتَانِ. حَدِيثٌ صَحِيحٌ، رَوَاهُ ابْنُ حِبَّانَ فِي صَحِيحِهِ وَالدَّارُقُطْنِيُّ وَالطَّبْرَانِيُّ.
“Dari Abdullah bin al-Zubair t berkata, Rasulullah r bersabda: “Setiap ada shalat fardhu, maka sebelumnya ada shalat sunnat dua raka’at.” (HR. Ibn Hibban dalam Shahih-nya, Daraquthni dan Thabrani)
Keterangan, dari kitab:
- Fath al-Bari[1]
وَأَقْوَى مَا يُتَمَسَّكُ بِهِ مَشْرُوْعِيَّةُ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْجُمُعَةِ مَا صَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانِ مِنْ حَدِيْثِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ مَرْفُوْعًا: مَا مِنْ صَلاَةٍ إِلاَّ وَبَيْنَ يَدَيْهَا رَكْعَتَانِ.
Dalil paling kuat untuk dijadikan pedoman tentang kebolehan shalat dua rakaat sebelum Jum’at adalah hadis riwayat Ibnu Hibban dari Abdullah bin Zubair: “Tidak ada suatu shalat (fardhu) pun kecuali sebelumnya (sunnah) dilaksanakan ada shalat dua rakaat (shalat sunnah)”.
- Al-Hawasyi al-Madaniyah[2]
أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّى قَبْلَهَا أَرْبَعًا
Nabi Saw. pernah melaksanakan shalat empat rakaat sebelum shalat Jum’at.
- Al-Hawasyi al-Madaniyah[3]
وَرَوَى أَبُوْ دَاوُدَ فِي سُنَنِهِ عَنْ طَرِيْقِ أَيُّوْبَ عَنْ نَافِعٍ قَالَ كاَنَ ابْنُ عُمَرَ يُطِيْلُ الصَّلاَةَ قَبْلَ الْجُمُعُةِ وَيُصَلِّى بَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ فِى بَيْتِهِ وَيُحَدِّثُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ (قَالَ النَّوَوِيُّ فِي الْخُلَاصَةِ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ الْبُخَارِيُّ وَقَالَ الْعِرَاقِيُّ فِي شَرْحِ التِّرْمِذِيِّ إِسْنَادُهُ صَحِيحٌ وَقَالَ الْحَافِظُ ابْنُ الْمُلْقِنِ فِي رِسَالَتِهِ إِسْنَادُهُ صَحِيحٌ لاَجَرْمَ وَأَخْرَجَهُ ابْنُ حِبَّانَ فِي صَحِيحِهِ)
Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibn Hibban dari Ayyub dari Nafi’: Ibn Umar memperpanjang shalat sebelum pelaksanaan shalat Jum’at, dan melaksanakan shalat dua rakaat sesudahnya di rumah. Dan ia menceritakan bahwa Rasuullah Saw. juga melakukan yang demikian itu. (Tentang hadis ini) Imam Nawawi dalam al-Khulasah[4] menilainya sebagai hadis shahih sesuai dengan syarat Bukhari. Al-Iraqi dalam Syarh al-Tirmidzi berkata: Isnadnya shahih. Al-Hafizh Ibn al-Mulqin dalam Risalahnya berkata: Isnadnya shahih dan tidak ada cacat. Hadis ini diriwayatkan pula oleh Ibn Hibban dalam kitab Shahihnya. [1] Ibnu Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari, (Beirut: Dar al-Fikr, 1420/2000), Cet. Ke-1, Jilid III, h. 96 [2] Muhammad Sulaiman al-Kurdi, al-Hawasyi al-Madaniyah ‘ala Syarah Bafadhal, (Singapura: al-Haramain, t.th.), Juz I, h. 327. [3] Muhammad Sulaiman al-Kurdi, al-Hawasyi al-Madaniyah ‘ala Syarah Bafadhal, (Singapura: al-Haramain, t.th.), Juz I, h. 326 [4] Muhyiddin al-Nawawi, Khulashah al-Ahkam, (Beirut: Da al-Kutub al-Ilmiah, 1428 H/2000 M), Cet. Ke-1, Jilid II, h. 383
Sumber: Ahkamul Fuqaha no. 4
KEPUTUSAN MUKTAMAR NAHDLATUL ULAMA KE-1
Di Surabaya Pada Tanggal 13 Rabiuts Tsani 1345 H. / 21 Oktober 1926 M.