• Backup Home
  • Home 2
  • Privacy Policy
  • Qasidah dan Shalawat Page
  • Rawi Simthud Duror dan Terjemah
  • Tentang Kami
  • Home
Kitab Kuning Digital
No Result
View All Result
Saturday, May 17, 2025
  • Home
  • Kajian Kitab
    • Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu
    • Tafsir Mimpi Ibnu Sirin
    • Safiinatun Najaah
    • Taklim Muta`allim
  • Qasidah
  • PDF Kitab Kuning
  • Khutbah
  • Manakib
  • Shalat
  • Apps
  • Artikel
  • Tentang Kami
  • Home
  • Kajian Kitab
    • Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu
    • Tafsir Mimpi Ibnu Sirin
    • Safiinatun Najaah
    • Taklim Muta`allim
  • Qasidah
  • PDF Kitab Kuning
  • Khutbah
  • Manakib
  • Shalat
  • Apps
  • Artikel
  • Tentang Kami
No Result
View All Result
Kitab Kuning Digital
No Result
View All Result
  • PDF
  • Qasidah
  • Doa-doa
  • Kajian Kitab
  • Tuntunan Ibadah
  • Apps
  • Artikel
  • Infografis
  • Khutbah
  • Manakib
  • Tanya Jawab Keislaman
  • Tentang Kami
Home Kajian Kitab Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu

Kesaksian Dusta

Muhammad Fariz Kasyidi by Muhammad Fariz Kasyidi
2024-02-02
in Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu, Kajian Kitab
Reading Time: 3 mins read
A A
0
5
SHARES
23
VIEWS
FacebookTwitterWhatsappTelegramLine

شهادة الزور

Kesaksian Dusta

شهادة الزور من أكبر الكبائر، وأعظم المصائب. حيث إنها تؤدي إلى أمور يقف القلم عن وصفها ومقدار ضررها. وحسبك أن شاهد الزور يقف أمام القاضي بغير خجل ولا استحياء، ويتهم إنسانًا من الأبرياء لم يرتكب ذنبًا، ولم يقترف لممًا.

Kesaksian palsu adalah dosa yang paling besar dan bencana paling dahsyat. Kesaksian palsu akan mengakibatkan bahaya besar yang tidak mampu dilukiskan di sini. Yang pasti, seorang yang menjadi saksi dusta berada didepan hakim tanpa rasa malu. Dia menuduh orang yang tidak berbuat dosa.

فكم خرّب شاهد الزور بيوتًا كانت عامرة فأصبحت خاوية على عروشها. وكم أذهب هذا الطاغية أرواحًا بريئة بشهادته. وكم زجّ أبرياء في غياهب السجون وكم وكم مما لا يحصى ولا يعد.

Sekian banyak saksi dusta yang meruntuhkan bangunan-bangunan megah hingga jiwa-jiwa yang bersih dengan kesaksiannya, sekian banyak dia menjebloskan orang-orang yang tidak bersalah ke dalam penjara dan sebagainya.

روي أن رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال وقت أن سئل عن أكبر الكبائر:

Diriwayatkan bahwa Rasulullah berkata ketika ditanya tentang dosa yang paling besar:

«الْإِشْرَاكُ بِاللهِ وَعُقُوْقُ الْوَالِدَيْنِ وَقَتْلُ النَّفْسِ وَشَهَادَةُ الزُّوْرِ»

Artinya: “Menyekutukan Allah, mendurhakai orangtua, bunuh diri, dan kesaksian dusta”.

وقال عليه السلام: أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ ثَلَاثًا» قَالُوْا: بَلَی یَا رَسُوْلَ اللهِ قَالَ: «الْإِشْرَاكُ بِاللهِ وَعُقُوْقُ الْوَالِدَيْنِ» وَجَلَسَ وَكَانَ مُتَّكِئًا فَقَالَ : «أَلَا وَقُوْلُ الزُّوْرِ» قَالَ: فَمَا زَالَ يُكَرِّرُهَا حَتَّى قُلْنَا لَيْتَهُ سَكَتَ!

Artinya: “Maukah kamu aku terangkan tiga dosa yang paling besar?.” Para sahabat menjawab: “Mau Wahai Rasulullah Rasulullah berkata: “menyekutukan Allah, mendurhakai kedua orangtua, kemudian Rasulullah duduk sambil bersandar lalu berkata dan ucapan bohong. Beliau terus-menerus mengulangi ucapannya itu hingga kami katakan sebaiknya beliau diam.”

وقال أيضًا: «مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّوْرِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلّٰهِ حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ».

Artinya: “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan berbuat dengannya, maka Allah tidak butuh meninggalkan makanan dan minumannya”.

وانظر قوله تعالى في هذا الصدد تجده قد قرن قول الزور بعبادة الأوثان حيث يقول وقوله الحق:

Lihat pula firman Allah dalam masalah ini yang mengkaitkan perkataan dusta dengan penyembahan berhala:

﴿ فَاجْتَنِبُوا الرِّجْسَ مِنَ الْأَوْثَٰنِ وَاجْتَنِبُوا قَوْلَ الزُّوْرِ، حُنَفَآءَ لِلّٰهِ غَيْرَ مُشْرِكِيْنَ ﴾١.

Artinya: “Maka jauhilah olehmu berhala-berhala yang najis itu dan jauhilah perkataan-perkataan dusta dengan ikhlas kepada Allah. tidak mempersekutukan sesuatu dengan Dia”. Al-Hajj: 30-31.

وقد اختلف العلماء في تأديب هذا الطاغية الجبار العنيد الكافر بنعمة الله. فقال أبو حنيفة رضي الله عنه يعزر بالتشهير به فينادى عليه في الأسواق والمساجد وتحذر الناس منه. فيقال هذا شاهد الزور فاحذروه:

Para ulama berbeda pendapat dalam hal perlakuan terhadap orang yang sombong, melampaui batas dan kafir kepada nikmat Allah. Abu Hanifah berpendapat bahwa orang itu disiksa dengan cara dipertontonkan di muka umum, didatangkan di pasar-pasar dan masjid-masjid, lantas orang-orang diberi peringatan agar menjauhkan diri dari padanya, lalu diumum kan: “Ini adalah seorang saksi dusta, hati-hatilah kepadanya”.

وقال أبو يوسف ومحمد رحمهما الله يضم إلى التشهير في الأسواق والمساجد الضرب بالسوط. واحتجا بما روي عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه حيث إنه ضرب شاهد الزور وسخم وجهه وكان يقول: إن قول الزور من أكبر الكبائر.

Abu Yusuf dan Muhammad Radhiyallahu ‘anhu berpendapat bahwa orang itu, selain dipertontonkan di pasar-pasar dan masjid-masjid, juga dipukuli dengan cambuk. Abu Yusuf dan Muhammad berhujjah dengan hadits yang diriwayatkan dari Umar bin Khattab, di mana dia memukul seorang saksi dusta dan mencoreng mukanya. Beliau berkata: “Sesungguhnya perkataan dusta adalah dosa besar yang paling besar“.

وليعلم هذا الطاغية الجبار أنه وإن خفي أمره على الناس في الحياة الدنيا فلسوف يقف بين يدي أحكم الحاكمين المنتقم الجبار ويلاقي من العذاب الأليم مما لا نقدر على وصفه. وهناك يقول: يا ليتني كنت ترابًا.

Perlu diketahui oleh saksi dusta yang congkak itu, meskipun mungkin perbuatannya tidak diketahui oleh manusia di dunia, namun pasti dia akan berada di sisi Hakim Yang Maha Bijaksana dan akan mendapatkan siksa yang paling pedih yang tidak dibayangkan. Di sana dia akan berkata: “Alangkah kalau aku menjadi debu”.

أما صاحب الدعوى الذي يعلم بطلان دعواه ومع ذلك يدعي كذبًا وزورًا على خصمه ليوقعه في التهلكة ويقدم شهودًا زورًا على دعواه الكاذبة الملفقة

Adapun penggugat yang menggunakan dia sebagai saksi padahal dia tahu kebatilan kesaksian itu untuk menjatuhkan lawannya, maka sungguh Allah akan mencampakkannya ke dalam kehancuran dan akan mendatangkan saksi itu kepadanya.

فقد اختلف العلماء في إيمانه من عدمه. والصحيح أنه لا يقدم على مثل هذه الأفعال رجل يكون عنده مثقال ذرة من الإيمان. وحسبك هذا الحكم عليه.

Para ulama berbeda pendapat tentang keimanan saksi dusta tersebut. Sebagian berpendapat dia tidak mempunyai iman. Adapun yang benar, seorang yang mempunyai iman meskipun hanya sekecil dzarrah, tidak mau berbuat seperti itu.


١ (۲۲) الحج : ٣٠

Related

Share2Tweet1SendShareShare
Previous Post

Hikmah Kesaksian (Syahadah)

Next Post

Kitab Aqdhiyah (Hukum-Hukum Pengadilan)

Muhammad Fariz Kasyidi

Muhammad Fariz Kasyidi

Artikel Terkait

Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu

Hikmah Khusyu’ dalam Shalat

by Muhammad Fariz Kasyidi
2023-12-17
0

حكمة الخشوع في الصلاة Hikmah Khusyu' dalam Shalat إن النفس الأمارة بالسوء والمطبوعة على الميل إلى الشر كالسائمة الجموح التي...

Read moreDetails
Mimpi Mendengar Pengumuman: Pertanda Rahasia Terbongkar atau Berita Mengejutkan?

Tafsir Mimpi Ya’qub: Simbol Kesabaran dan Kasih Sayang Seorang Ayah

2024-11-20
Mimpi Melihat Pelangi: Apakah Ini Pertanda Hujan Rezeki atau Musibah?

Tafsir Mimpi Ujung Lidah Membesar: Pertanda Ambisi Berlebihan dan Ajal Dekat?

2024-11-19
Tafsir Mimpi Melarikan Diri dari Kematian: Pertanda Ajal Mendekat

Tafsir Mimpi Melihat Pekerja di Rumah: Simbol Perselisihan dan Perpisahan

2024-11-17
Next Post

Kitab Aqdhiyah (Hukum-Hukum Pengadilan)

Keadaan Hukum Sebelum Islam

Keadaan Hukum Dalam Islam

Surat Umar Bin Khattab Kepada Abu Musa Al-Asy'ari

Please login to join discussion

© 2023 DH Tech - Daarul Hijrah Tech Kitab Kuning Digital.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • PDF
  • Qasidah
  • Doa-doa
  • Kajian Kitab
  • Tuntunan Ibadah
  • Apps
  • Artikel
  • Infografis
  • Khutbah
  • Manakib
  • Tanya Jawab Keislaman
  • Tentang Kami

© 2023 DH Tech - Daarul Hijrah Tech Kitab Kuning Digital.