الحكمة في عدة المطلقة طلاقًا رجعيًا
Hikmah Iddah Talak Ruju
إعلم أن عدة المطلقة طلاقًا رجعيًا ترجع حكمتها إلى ثلاثة حقوق: حق للمطلق. وحق لها.
Perempuan yang ditalak dengan talak ruju’ mengandung suatu hikmah yang tertuju pada tiga hak; hak suami yang mentalak, hak anak, dan hat perempuan itu sendiri.
أما حق الزوج المطلق فهو حفظ حق الرجعة متى شاء. رضيت المرأة أو لم ترض. وقد أوسع الشارع له المدة حتى تنقضي عدتها بثلاثة قروء. إذ ربما صفت القلوب وعادت مياه الوفاق إلى مجاريها فيتمكن من الرجعة.
Hak suami yang mentalak adalah menjaga hak ruju’ kapan dia suka untuk ruju’ kepada istri, rela atau tidak rela istri tersebut. Allah meluaskan masa iddah tersebut hingga tiga kali suci. Barangkali dalam masa iddah yang sekian panjangnya itu hati suami menjadi jernih dan ada kecocokan untuk kembali mendampingi istri, maka dia memilih ruju”.
وأما حق الولد فهو إلحاقه بأبيه وبنسبه الحقيقي حتى لا تختلط الأنساب ويضيع حقه في الميراث. وأما حقها فهي لتعلم إن كانت حاملًا منه أم لا. هذا وقد جاء في الكتاب العزيز قوله تعالى :
Hak anak adalah dipertemukannya dengan ayah dan keluarga sehingga nasabnya tidak kabur hingga menghilangkan hak warisan. Hak perempuan itu sendiri adalah agar dia mengerti apakah dia hamil atau tidak. Disebutkan dalam al-Quran:
﴿يَٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا إِذَا نَكَحْتُمُ الْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ طَلَقْتُمُوْهُنَّ مِنْ قَبْلِ أَنْ تَمَسُّوْهُنَّ فَمَا لَكُمْ عَلَيْهِنَّ مِنْ عِدَّةٍ تَعْتَادُّوْنَهَا ﴾٢
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman apabila kamu menikahi perempuan-perempuan yang beriman, kemudian kamu ceraikar mereka sebelum kamu mencampurinya maka sekali-kali tidak wajib atas mereka iddah bagimu yang kamu minta menyempur nakannya. Maka berilah mereka mut’ah (pemberian) dan lepas kanlah mereka itu dengan cara yang sebaik-baiknya”. Al-Ah- zab: 49.
فيؤخذ من هذه الآية الشريفة أن عدة المطلقة حق للرجل بعد المساس. وقال الله تعالى:
Ayat di atas menegaskan bahwa iddah bagi perempuan yang ditalak merupakan hak suami yang mentalak setelah dicampuri, seperti firman Allah:
﴿ وَبُعُوْلَتُهُنَّ أَحَقُّ بِرَدِّهِنَّ فِي ذَلِكَ إِنْ أَرَادُوْا إِصْلَاحَا ﴾١
Artinya: “Dan suaminya berhak merujukinya dalam masa menanti itu. jika mereka (para suami) itu menghendaki ishlah (perbaikan)”. Al-Baqarah: 228.
فجعل الشارع للزوج الحق في ردها متى شاء قبل انقضاء العدة. وهذا الحق هو إحدى الحكم المتقدمة. فافهم هذا وفقك الله لفهم شريعته.
Suami yang mentalak mempunyai hak ruju’ (kembali) kepada istri yang ditalak apabila dia suka selama dalam masa iddah. Hak ini adalah salah satu hikmah tersebut. Pikirkanlah, semoga Allah meridlai kita dalam memahami syari’at-syari’atNya.