حكمة الظهار
Hikmah Dzihar
الظهار هو أن يقول الرجل لامرأته: أنت علي كظهر أمي مثلًا. يريد بذلك أنها محرمة عليه تحريمًا مؤبدًا: ولما كان هذا فيه تضييق وإساءة إلى المرأة أنكره الشارع الحكيم وجعله زورًا حيث يقول في كتابه العزيز :
Dzihar adalah perkataan sang suami kepada istri umpamanya: “Engkau bagiku seperti punggung ibuku”. Yang dimaksud adalah seolah-olah istrinya itu haram baginya untuk selama-lamanya seperti halnya haram bergaul dengan ibu. Perkataan itu merupakan penghinaan, maka Allah Yang Maha Bijaksana melarangnya dan menganggapnya sebagai ucapan bohong yang dikatakan dalam al-Quran:
﴿ الَّذِينَ يُظَاهِرُونَ مِنْكُمْ مِنْ نِسَائِهِمْ مَا هُنَّ أُمَّهَاتِهِمْ ۖ إِنْ أُمَّهَاتُهُمْ إِلَّا اللَّائِي وَلَدْنَهُمْ ۚ وَإِنَّهُمْ لَيَقُولُونَ مُنْكَرًا مِنَ الْقَوْلِ وَزُورًا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَعَفُوٌّ غَفُورٌ ﴿ ٢﴾٢
Artinya: “Orang-orang yang mendzihar istrinya diantara kamu, (menganggap istrinya sebagai ibunya, padahal) tiadalah istri mereka itu ibu mereka. Ibu-ibu mereka tidak lain hanyalah wanita yang melahirkan mereka. Dan sesungguhnya mereka sungguh-sungguh mengucapkan sesuatu perkataan yang mungkar dan dusta. Dan sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun”. Al-Mujadilah : 2.
أما كونه منكرًا وأمرًا قبيحًا فلأنه تضييق وحرمان مما يتمتع به الأزواج. وإساءة إلى من أمر بالإحسان إليها. ويكون قد حرّم على نفسه ما أحله الله. وكل ذلك يأباه الشرع الشريف ويرفضه العقل.
Dzihar discbut sebagai perkataan yang mungkar dan dusta karena perkataan itu mempersempit dan mengharamkan apa yang semestinya dinikmati oleh suami istri, serta menghina suatu perkara yang seharusnya diperbaiki. Di samping itu telah mengharamkan atas dirinya apa yang dihalalkan oleh Allah. Perkataan tersebut ditolak oleh syari’at yang mulia dan oleh akal.
وأما کونه زورًا فإن الجملة التي يقولها وهي أنت علي كظهر أمي مثلًا. إذا كانت خبرية فهي كذب صراح. لأنها ليست كظهر أمه. ولا يوجد وجه شبه بينهما. ولكن الشارع الحكيم لم يهمل كلامه بالمرة لأنه صادر عن إرادة وعقل كما أنه رحمه ولم يرهقه من أمره عسرًا.
Perkataan itu dianggap sebagai perkataan dusta karena perkataan itu jelas tidak benar. Tidak mungkin seorang istri itu seperti punggung ibunya, tidak ada letak persamaan antara keduanya. Namun Allah tidak meremehkan perkataan itu, karena ucapan itu berasal dari kehendak dan akalnya. Allah tidak membebani lebih dari yang ia mampu.
فأوجب عليه الكفارة فقط رحمة به. ولم يجعل ما صدر منه في حكم الطلاق. وقد قال الله تعالى:
Maka sebagai balasan dari ucapan bohongnya dia harus membayar kafarat (denda) sebagai rahmat baginya. Allah tidak menganggap perkataan itu sebagai ucapan talak. Allah berfirman:
﴿ وَالَّذِينَ يُظَاهِرُونَ مِنْ نِسَائِهِمْ ثُمَّ يَعُودُونَ لِمَا قَالُوا فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَتَمَاسَّا ۚ ذَٰلِكُمْ تُوعَظُونَ بِهِ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ ﴿ ٣﴾ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَتَمَاسَّا ۖ فَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَإِطْعَامُ سِتِّينَ مِسْكِينًا ۚ﴾١
Artinya: “Orang-orang yang menzihar istri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami istri itu bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu. dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Barang siapa yang tidak mendapatkan budak, maka (wajib atasnya) berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bercampur. Maka barangsiapa yang tidak kuasa (wajib atasnya) memberi makan enam puluh orang miskin”. Al-Mujadalah: 3-4
والحكمة في ذلك على نوعين:
Dalam masalah ini ada dua hikmah yang terkandung:
الأولى: المؤاخذة. والثانية: جعل الكفارة كما علمت. أما المؤاخذة فلأنه ألزم نفسه ما لم يلزمه أحد وحملها إصرا من بقايا الجاهلية الأولى بغير موجب
- Hikmah sebagai hukuman, yaitu karena dia mewajibkan atas dirinya sendiri suatu yang tidak berlaku pada orang lain, dan membawa kepada dosa dari peninggalan kaum Jahiliyah tanpa ada ketentuan hukum yang mewajibkan.
وأما جعل الكفارة هكذا. فإن العقوبة إما مالية وإما بدنية. ولا شك أن تحرير الرقبة أو إطعام ستين مسكينًا عقوبة مالية فيها مشقة على النفس حتى لا يعود إلى ارتکاب هذا الفعل. وكذلك صيام ستين يومًا بغير انقطاع فيه مشقة أيضًا. وهي عقوبة بدنية من وجه وعبادة من وجه آخر.
- Hikmah kafarat (denda). Sangsi itu ada dua bentuk: bisa jadi sangsi berupa harta dan bisa jadi berupa sangsi badan. Memerdekakan budak dan memberi makan enam puluh orang miskin adalah merupakan sangsi harta yang didalamnya mengandung kesengsaraan pada jiwa hingga akhirnya enggan untuk mengulangi perbuatannya lagi. Sementara itu puasa dua bulan (60 hari) berturut-turut tanpa berhenti adalah mengandung kesengsaraan juga, yaitu sangsi badani pada satu sisi dan ibadah pada sisi lain.
والحكمة المقصودة من هذا كله وعظه وتأديبه حتى لا يعود إلى الظهار ثانيًا. وهناك حكمة أخرى. وهي مخالفة أهل الجاهلية الأولى. إذ كانوا يظاهرون من نسائهم تأبيدًا فجاء الإسلام بالرحمة والشفقة فتأمل حكمة الباري جلّ شأنه.
Hikmah yang dimaksud dari semua itu adalah untuk mengingatkan dan mendidik agar jangan melakukan dzihar lagi. Di samping itu, untuk menentang kebiasaan kaum Jahiliyah yang mereka itu mendzihar istri-istri mereka secara terus-menerus. Islam datang dengan membawa rahmat dan kasih sayang, maka pikirkanlah betapa hikmah Allah Yang Maha Tinggi.
هذا والكلام في الظهار ينحصر في سبعة فصول. منها في ألفاظ الظهار. ومنها في شرط وجوب الكفارة فيه. ومنها فيما يصح فيه الظهار. ومنها هل بتكرر الظهار بتكرر النكاح. ومنها هل الإيلاء عليه. ومنها القول في أحكام كفارة الظهار. وكل ذلك مذكور في فروع الفقه.
Pembicaraan tentang zihar berkisar pada enam pasal:
- Lafadz zihar
- Syarat-syarat wajibnya kafarat zihar
- Hal-hal yang menjadikan sahnya zihar
- Apakah zihar itu berlaku berulang-ulang karena berulang-ulangnya perkawinan.
- Apakah zihar merupakan sumpah.
- Pembicaraan tentang hukum kafarat zihar. Semua pasal tersebut dibahas dalam buku-buku fiqih.
وقد جاء في المبسوط ما يأتي: إعلم أن الظهار كان طلاقًا في الجاهلية. فقرر الشارع أصله ونقل حكمه إلى تحريم مؤقت بالكفارة من غير أن يكون مزيلًا للملك. بيانه في قوله تعالى:
Dalam Kitab al-Mabsuth disebutkan demikian :
“Ketahuilah bahwa zihar itu pada zaman Jahiliyah merupakan talak. Lantas Allah merubah hukumnya menjadi haram sementara dengan kafarat dan tetap bisa memiliki istrinya. Dasar hukumnya adalah firman Allah:
﴿ وَالَّذِينَ يُظَاهِرُوْنَ مِنْ نِّسَائِهِمْ ﴾٢ الآية وسبب نزولها قصة خولة بنت ثعلبة. فإنها قالت: كنت تحت أوس بن الصامت رضي الله عنه وقد ساء خلقه لكبر سنه فراجعته في بعض ما أمرني به. فقال: أنت عليّ كظهر أمي ثم خرج. فجلس في نادي قومه ثم رجع إليّ وراودني عن نفسي
Sebab turun ayat di atas adalah riwayat tentang Khaulah binti Tsa’labah. Dia berkata: “Aku berada di bawah kekuasaan suamiku, Aus bin al-Shamit Radhiyallahu ‘anhu. Dia itu memiliki perangai yang jelek karena dia sudah tua. maka aku menolak sebagian apa yang diperintahkan kepadaku. Lantas dia berkata: Engkau bagiku ibarat punggung ibuku”, kemudian dia keluar. Dia duduk bersama kelompoknya lalu pulang lagi kepadaku untuk membujukku.
فقلت: والذي نفس خولة بيده لا تصل إليّ وقد قلت ما قلت حتى يقضي الله ورسوله فى ذلك. فوقع عليّ فدفعته بما تدفع به المرأة الشيخ الكبير. وقد خرجت إلى بعض جيراني فأخذت ثيابًا ولبستها فأتيت رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وأخبرته بذلك فجعل يقول لي:
Maka aku berkata: “Demi Dzat yang jiwa Khaulah ada pada kekuasaan-Nya, kamu tidak bisa menyentuh aku. Aku telah mengatakan apa yang telah kamu katakan hingga Allah dan Rasul-Nya memberi hukuman atas perbuatanmu”. Dia berusaha memperkosa aku, maka dia aku dorong seperti seorang perempuan mendorong kakek-kakek tua. Sambil menyambar pakaian, aku keluar dari rumah menuju ke tetanggaku lantas aku datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Aku ceriterakan semuanya kepada beliau, lantas beliau berkata kepadaku:
«زوجك وابن عمك وقد كبر فاحسني إليه». فجعلت أشكو إلى الله ما أرى من سوء خلقه. فتغشى رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ما كان يتغشاه عند نزول الوحي. فلما سرى عنه. قال قد أنزل الله فيك وفي زوجك بيانا وتلا قوله تعالى:
“Suamimu itu anak pamanmu. Dia sudah tua. maka berbuat baiklah kepadanya”. Maka aku mengadu kepada Allah tentang kejelekan perangainya. Rasulullah pingsan sebagaimana layaknya kalau sedang turun wahyu. Maka setelah beliau sadar, beliau berkata: “Allah telah menurunkan petunjuk bagimu dan bagi suamimu.” Kemudian beliau menyebutkan:
﴿ قَدْ سَمِعَ اللهُ قَوْلَ الَّتِى تُجَٰدِلُكَ فِي زَوْجِهَا وَتَشْتَكِي ﴾١
Artinya: “Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan halnya kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. Al-Mujadilah: 1.
إلى آخر آيات الظهار ثم قال: مريه فليعتق رقبة. فقلت: لا يجد ذلك يا رسول الله. فقال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مريه أن يصوم شهرين متتابعين» فقلت: هو شيخ كبير لا يطيق الصوم. فقال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فليطعم ستين مسكينًا». فقلت: ما عنده شيء يا رسول الله.
Begitulah Rasulullah membacakan sampai akhir ayat dzihar. Kemudian beliau berkata: “Suruhlah suamimu untuk memerdekakan budak“. Aku menjawab: “Dia tidak mendapatkan itu Wahai Rasulullah”. Beliau berkata: “Suruhlah dia berpuasa dua bulan berturut-turut“. Aku berkata kepadanya: “Dia itu tua bangka yang tidak mampu berpuasa“. Rasulullah berkata: “Agar dia memberi makanan enam puluh orang miskin”. Aku berkata: “Aku tidak mempunyai apa-apa Wahai Rasulullah“.
فقال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إنا سنعينه بفرق» وقلت أنا أعينه بفرق أيضًا: جاء في المصباح أن (الفرق): بفتحتين مكيال يقال إنه يسع ستة عشر رطلًا. فقال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إفعلي واستوصي به خيرًا». اهـ
Beliau berkata: “Kalau begitu aku akan membantunya satu faraq“. Aku berkata: “Aku juga akan membantunya satu faraq“. Dalam kitab al-Musbah disebutkan, faraq adalah suatu ukuran yang memuat 16 kati[1] Rasulullah berkata: “Lakukanlah dan terimalah wasiatnya yang baik“.
وجاء في النسفي ما يأتي. واعلم أن المظاهر إذا امتنع من الكفارة المذكورة في الآية الشريفة فللمرأة أن ترفع أمره إلى القاضي الذي يجبره ويحبسه حتى يكفر. ولا شيء من الكفارات يجبر عليها إلًّا كفارة الظهار. والحكمة في ذلك لأجل رفع الضرر عن المرأة والامتناع من الاستمتاع بها اهـ.
Dalam Kitab al-Nasfi disebutkan: “Ketahuilah, kalau suami yang menzihar istrinya itu tidak mau membayar kafarat yang tercantum dalam ayat zihar, maka istrinya siap mengadukan halnya kepada Pengadilan yang nantinya akan memaksa dan menahan suara hingga mau membayar kafarat. Tidak ada kafarat yang boleh dipaksakan kecuali kafarat zihar. Hikmahnya adalah untuk menghilangkan bahaya dari perempuan dan bahaya karena tidak bergaul dengannya”.
٢ (٥٨) المجادلة : ٢
١ (٥٨) المجادلة : ٣
٢ (٥٨) المجادلة : ٣
١ (٥٨) المجادلة: ١
[1] Satu kati 8 once = 2564 gram