حكمة حد اللائط
Hikmah Hukum Had Bagi Orang yang Melakukan Homseksual
لما كان اللواط لا يتسبب عنه اختلاط الأنساب الذي علمته في موضع آخر. وكل الشارع الحكيم للإمام تعزير اللائط بحسب ما يراه. وإن كانت اللواطة في حد ذاتها أمرها شنيعًا كما علمت. وهذا هو رأي الإمام أبي حنيفة رضي الله عنه وقال أبو يوسف ومحمد رحمهما الله يحد اللائط كالزاني. وعلى كل حال فاللواطة أس الخبائث والمنكرات .
Oleh karena homoseksual tidak menyebabkan timbulnya percampuran nasab sebagaimana telah anda ketahui pada bab yang terdahulu. Maka Allah Yang Maha Bijaksana memberikan kuasa kepada pemimpin untuk menghukum orang yang melakukan homoseksuil dengan apa yang diketahuinya. Sebab homoseksual sendiri adalah perbuatan keji sebagaimana anda ketahui. Inilah pendapat Imam Abu Hanifah Radhiyallahu ‘anhu. Sedang Abu Yusuf dan Muhammad rahimahullah menentukan hukum had bagi orang yang melakukan homoseksual sama dengan orang yang melakukan zina. Karena pada prinsipnya homoseksuil adalah sumber kekejian dan kemungkaran.