Penenun – النساج
النساج: وأما النسَّاج فهو الجماع الكداد١ في عمله الذي يسعى في طلبه أو يحث في عمله كالمسافر والمجالد بالسيف فوق الدابة ورجله في الركال،
Penenun: Adapun penenun, maka ia adalah persetubuhan. Dan penenun dalam pekerjaannya yang ia upayakan atau ia giatkan dalam pekerjaannya seperti seorang musafir dan seorang yang berjuang dengan pedang di atas kendaraan dan kakinya dalam pelana.
وربما دل النساج على البناء فوق الحائط المؤلف للطاقات المناول من تحته من يبنيه في حائط الذي علا عليه، ووزنه بميزانه وخيطه، وضربه بفأسه وربما دل على الناسج والمصنف والحراث.
Dan mungkin penenun menunjukkan pada bangunan di atas tembok yang disusun untuk tiang-tiang, yang mana orang di bawahnya membangunnya pada tembok yang ditinggikannya, dan menimbangnya dengan timbangan dan benangnya, dan memukulnya dengan kapaknya. Dan mungkin menunjukkan pada penenun, penulis, dan penggarap tanah.
وقد يدل المنسج على ما الإنسان فيه من مرض أو هم أو سفر أو خصومة أو مرمة٢ أو كتابة، فمن قطع منسجة فرغ من همه وعمل سفره، وما يعالجه، وإلا بقي له بقدر ما بقي من تمامه في النول.
Dan mungkin penenun menunjukkan pada apa yang ada pada manusia berupa penyakit, atau kesedihan, atau perjalanan, atau persengketaan, atau luka, atau tulisan. Barangsiapa memotong benang tenunan, maka ia telah selesai dari kesedihannya, dan perjalanannya, dan apa yang ia tangani, dan jika tidak, maka ia akan tersisa sesuai dengan apa yang tersisa dari kesempurnaannya pada alat tenun.
وقيل: النسيج سفر. وقيل: النسيج خصومة. وأما المسدي٣ فهو الذي لا يستقر به قرار، والذي عيشه في سعيه كالمنادي والمكاري.
Dan dikatakan: tenunan adalah perjalanan. Dan dikatakan: tenunan adalah persengketaan. Adapun yang menyusun benang, maka ia adalah orang yang tidak menetap di satu tempat, dan yang hidupnya dalam kesibukan seperti seorang penyiar dan seorang yang banyak melakukan perjalanan.
وقد يدل على الساعي بين الاثنين، وعلى ذي الوجهين. والقتال هو الماسح والسائح والمسافر، وربما دل على كل من يبرم الأمور ويحكم الأسباب كالمفتي والقاضي وذي الرأي، فمن فتل في المنام حبلًا سافر إن كان من أهل السفر، أو مسح أيضًا إن كانت تلك صناعته، أو أحكم أمرًا هو في اليقظة على يديه، أو يحاوله أو يؤمله إما شركة أو نكاحًا أو اجتماعًا على عهد وعقد، أو ائتلافًا.
Dan mungkin menunjukkan pada orang yang berlari antara keduanya, dan pada orang yang bermuka dua. Dan peperangan adalah penghapus, pengembara, dan musafir, dan mungkin menunjukkan pada setiap orang yang menyempurnakan urusan dan mengatur sebab-sebab seperti seorang mufti, hakim, dan orang yang berpendapat. Barangsiapa memintal tali dalam mimpi, maka ia akan bepergian jika ia seorang musafir, atau menghapus juga jika itu adalah pekerjaannya, atau memutuskan suatu urusan yang ada di tangannya pada keadaan sadar, atau ia berusaha atau berharap, baik itu persekutuan, atau pernikahan, atau pertemuan atas janji dan perjanjian, atau persatuan.”
١ الكداد: الماهر المجد في عمله.
٢ المرمة: مكان الألم في الإنسان.
٣ المسدي: الذي يمد ما يوضع طولًا في النسيج.
Kitab Tafsir Ahlam – Ibnu Sirin Halaman 362 Cetakan Daarul Ma’rifah 2002
Jika menemukan kesalahan ketik, baris, terjemah, dan makna silahkan email kami di kitabkuningdigital@gmail.com
#tafsirmimpi #tafsirmimpiibnusirin #ibnusirin #tafsirahlam #ahlam #tafsirmimpiibnusirin #mimpi #penenun
