• Backup Home
  • Home 2
  • Privacy Policy
  • Qasidah dan Shalawat Page
  • Rawi Simthud Duror dan Terjemah
  • Tentang Kami
  • Home
Kitab Kuning Digital
No Result
View All Result
Wednesday, May 14, 2025
  • Home
  • Kajian Kitab
    • Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu
    • Tafsir Mimpi Ibnu Sirin
    • Safiinatun Najaah
    • Taklim Muta`allim
  • Qasidah
  • PDF Kitab Kuning
  • Khutbah
  • Manakib
  • Shalat
  • Apps
  • Artikel
  • Tentang Kami
  • Home
  • Kajian Kitab
    • Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu
    • Tafsir Mimpi Ibnu Sirin
    • Safiinatun Najaah
    • Taklim Muta`allim
  • Qasidah
  • PDF Kitab Kuning
  • Khutbah
  • Manakib
  • Shalat
  • Apps
  • Artikel
  • Tentang Kami
No Result
View All Result
Kitab Kuning Digital
No Result
View All Result
  • PDF
  • Qasidah
  • Doa-doa
  • Kajian Kitab
  • Tuntunan Ibadah
  • Apps
  • Artikel
  • Infografis
  • Khutbah
  • Manakib
  • Tanya Jawab Keislaman
  • Tentang Kami
Home Kajian Kitab Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu

Hikmah Kebolehan Mengeluarkan Zakat Kepada Kafir Zimi

Muhammad Fariz Kasyidi by Muhammad Fariz Kasyidi
2023-12-30
in Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu, Kajian Kitab
Reading Time: 2 mins read
A A
0
2
SHARES
9
VIEWS
FacebookTwitterWhatsappTelegramLine

حكمة جواز صرف الصدقة إلى الذمي

Hikmah Kebolehan Mengeluarkan Zakat Kepada Kafir Zimi

إن الذمي هو الذي يكون بينه وبين المسلمين عهد به يحفظ نفسه وعرضه وماله. وله ما للمسلمين وعليه ما عليهم. وفي هذه الحالة يجوز للمسلم أن يصرف صدقة إلى هذا الذمي. لأن الصدقة تعتبر في الحقيقة من إيصال البر والإحسان.

Sesungguhnya kafir zimi adalah orang yang harta bendanya dilindungi karena antara dia dan umat Islam telah terikat sebuah perjanjian. Dalam kondisi seperti ini, orang Islam boleh mengeluarkan zakat bagi kafir zimi karena pada hakikatnya sedekah dianggap menyampaikan kebaikan.

فإذا ما رأى الذمي هذا العطف والبر والإحسان نحوه من المسلم عظم في قلبه الإسلام ومال إليه بجميع جوارحه. وربما اعتنقه. وبذلك يخرج من الظلمات إلى النور، وهذه نعمة كبرى تعود عليه. وسببها هو الإسلام نفسه وأحكامه الشريفة المنزلة من عند الله الحكيم الخبير. وذكر في البدائع ما يأتي.

Jika orang kafir zimi melihat kasih sayang dan kebaikan Islam kepadanya, maka rasa hormat kepada ajaran Islam dalam hatinya bisa menjadi besar (mengembang) dan cenderung kepada Islam dengan seluruh anggota tubuhnya, yakni barangkali dia akan memeluk Islam. Dengan demikian, dia keluar dari kesesatan menuju petunjuk Allah. Ini adalah nikmat besar yang kembali kepadanya dan sebabnya adalah Islam beserta seperangkat hukum mulia yang diturunkan dari sisi Allah Yang Maha Bijaksana. Dalam kitab al-Bada’i sebagai berikut:

إن صرف الصدقة إلى أهل الذمة من باب إيصال البر إليهم وما نهينا عن ذلك

Sesungguhnya mengeluarkan zakat kepada ahli zimi tdaklah dilarang karena hal itu merupakan bagian dari menyampaikan kebaikan kepada mereka.

قال الله تعالى: ﴿ لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ ﴿ ٨﴾١

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman: “Allah tak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama, dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (QS. al-Mumtahanah [60]: 8).

وظاهر من هذا النص أنه يقتضى جواز صرف الزكاة إليهم إلا أنه غير مراد. عرفنا كل ذلك بحديث معاذ رضي الله عنه. وهو قوله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «خذها من أغنيائهم وردها في فقرائهم» أمر صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بوضع الزكاة في فقراء من يؤخذ من أغنيائهم وهم المسلمون.

Secara lahir, nash di atas berarti membolehkan mengeluarkan zakat kepada mereka. Hanya saja hal itu tidak diinginkan. Kita telah mengetahui semua itu dengan sabda nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. Yang diriwayatkan dari Mu’adz Radhiyallahu ‘anhu, Ambillah zakat dari orang-orang kaya mereka dan berikanlah zakat itu pada orang-orang miskin mereka. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. memerintahkan dengan menetapkan zakat kepada orang-orang fakir terhadap orang yang diambil hartanya dari orang-orang kaya, yaitu umat Islam.

فلا يجوز وضعها في غيرهم. والحكمة في عدم جواز صرف الصدقة إلى الحربي لأن في ذلك الصرف يكون إعانة له على قتالنا وعدة لهم علينا وهذا لا يجوز. بل هو من الكبائر التي نهانا الشارع الحكيم عنها وهذا المعنى لم يوجد في الذمي. فانظر حكمة العليم الخبير بأحوال عباده.

Maka tidak boleh menetapkan zakat kepada selain mereka. Hikmah tidak boleh mengeluarkan zakat kepada kafir harbi adalah karena mengeluarkan zakat kepadanya dianggap menolong mereka untuk memerangi kita. Hal ini tidak boleh dan bahkan termasuk dosa besar yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.


١ (٦٠) الممتحنة : ٨.

Related

Share1Tweet1SendShareShare
Previous Post

Hikmah Zakat Fitrah

Next Post

Hikmah Diharamkan Zakat Kepada Nabi Muhammad Saw. dan Keluarganya

Muhammad Fariz Kasyidi

Muhammad Fariz Kasyidi

Artikel Terkait

Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu

Hikmah Ariyah (Pinjam Meminjam Barang)

by Muhammad Fariz Kasyidi
2024-02-02
0

حكمة العارية Hikmah Ariyah (Pinjam Meminjam Barang) إن ما قلناه في حكمة القرض وفضل صاحبه يقال هنا في العارية. إذ...

Read moreDetails

Hikmah Kuda Tidak Diwajibkan Zakatnya

2023-12-30

Keadilan Islam dalam Menghakimi Antar Manusia, Bahkan dengan Musuh

2024-02-02

Hikmah Wukuf di Arafah

2024-01-01
Next Post

Hikmah Diharamkan Zakat Kepada Nabi Muhammad Saw. dan Keluarganya

Hikmah Jika Penguasa Memungut Sedekah, Seper Sepuluh Tanah dan Pajak, Maka Pemiliknya Lepas dari Tanggungan Wajib Zakat

Hikmah-Hikmah dari Sebagian Raja Persia

Hikmah-Hikmah dari Sebagian Raja Persia

Please login to join discussion

© 2023 DH Tech - Daarul Hijrah Tech Kitab Kuning Digital.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • PDF
  • Qasidah
  • Doa-doa
  • Kajian Kitab
  • Tuntunan Ibadah
  • Apps
  • Artikel
  • Infografis
  • Khutbah
  • Manakib
  • Tanya Jawab Keislaman
  • Tentang Kami

© 2023 DH Tech - Daarul Hijrah Tech Kitab Kuning Digital.