حكمة تحريم الخمر
Hikmah Diharamkan Khamr
إعلم أن شارب الخمر إذا تأصلت عادة تعاطيها في نفسه كان من الصعب جدًا بل من أصعب المصاعب إقلاعه عنها دفعة واحدة. ومن أجل ذلك لما رأى الشارع الحكيم أن المصلحة الدنيوية والأخروية يقضيان ويحتمان بأن يقلع الإنسان عن تعاطي هذا السم القتال جرى معه على قاعدة في النهي فقال تعالى لنبيه:
Ketahuilah bahwa orang yang minum khamr akan menjadi kebiasaan yang mendarah daging dalam dirinya. Kebiasaan yang sangat sulit untuk dilepaskan dari dirinya dengan sepontan. Untuk itu Allah Yang Maha bijaksana mengetahui bahwa kemaslahatan duniawi dan ukhrawi menghajatkan dan mengharuskan agar manusia mencabut kebiasaan minum racun yang mematikan ini. Sesuai dengan kaidah larangan, maka Allah Ta’ala berfirman kepada nabiNya:
﴿يَسْئَلُوْنَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيْهِمَا إِثْمٌ كَبِيْرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَآ أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا ﴾١
Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi, Katakanlah: “Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. (Al Baqarah: 219).
ثم قال تعالى: ﴿ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ﴿ ٩٠﴾ إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ ﴿ ٩١﴾٢
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermasuk hendak mengajak kamu untuk melakukan perbuatan-perbuatan (meminum) Khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingati Allah dan sembahyang, maka berhentilah kamu (dari menger- jakan pekerjaan itu).” (Al Maidah 90-91).
هذه الآية الشريفة صريحة في تحريم الخمر قطعًا. وقد نزلت الآية الأولى حينما سأل جماعة رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عن الميسر واستفتوه فيه وفي الخمر الذي وجدوا فيه من المضار الكثيرة التي أخرت مصلحتهم المادية والأدبية من سلب أموال وخروج عن حد الأدب في السكر أما المنافع المذكورة في الآية ما كانوا يجدونه فيها من السرور وتسلية النفس فصار قوم يشربونها لهذه المنافع وآخرون تركوها لضررها.
Ayat yang mulia ini jelas mengharamkan khamr dengan pasti. Ayat pertama turun ketika jama’ah rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya tentang judi dan mereka meminta fatwa tentang judi dan khamr yang didalamnya terdapat bahaya yang mengancam kemaslahatan moril dan materiil. Seperti merampas harta dan mabuk yang keluar dari batas etika sopan santun. Adapun manfaat yang disebutkan didalam ayat adalah kenikmatan dan kepuasan jiwa yang mereka peroleh sehingga mereka menjadi kaum yang suka minum khamr karena manfaat itu. Dan sebagian meninggalkannya karena madlarat/ bahaya yang ada di dalamnya.
وحينما شرب ابن عوف وأناس معه ثم قاموا إلى الصلاة فقرأ من أمهم: قل يا أيها الكافرون أعبد ما تعبدون: وهو تحريف شنيع في الآية نزل قوله تعالى:
Suatu ketika sahabat Ibnu Auf meminum khamr bersama orang banyak, kemudian mereka menunaikan shalat maka imamnya membaca: Artinya: “Katakanlah hai orang-orang kafir aku menyembah apa yang kamu sembah”. Suatu pengacauan ayat yang sangat buruk. Maka turunlah firman Allah Ta’ala:
﴿ يَٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُواْ لَا تَقْرَبُواْ الصَّلَٰوةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَىٰ ﴾۳
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan”. (An Nisaa:43).
فهجرها الكثير منهم حرصًا على تقارب أوقات الصلاة. وحينما شرب سعد بن أبي وقاص مع جماعة من الأنصار وتناشدوا الأشعار متفاخرين فأنشدهم سعد شعرًا فيه ذم للأنصار فضربه أحدهم فشكا إلى رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فقال عليه السلام:
Maka mereka banyak yang meninggalkan khamr karena mendekatnya waktu shalat. Dan ketika Sa’ad bin Abi Waqas bersama rombongan kaum Anshar meminum khamr sambil mendendangkan syair-syair dengan bangga, Sa’ad bin Abi Waqas membacakan syair yang mencela kaum Anshar, tiba-tiba ada seorang di antara mereka memukulnya. Maka ia mengadu kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian beliau berdoa:
«اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شَافِيًا»
Artinya: “Ya Allah jelaskanlah khamr itu kepada kami dengan penjelasan yang menyembuhkan.”
فنزل قوله تعالى:
Maka turunlah firman Allah sebagai berikut:
﴿ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ﴿ ٩٠﴾٤ الآية.
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya meminum khamr, berjudi, (berkorban untuk berhala), mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan”. (Al Maidah 90).
والخلاصة من هذا كله أن الخمر أم الخبائث. كما قال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
Ringkasnya khamr itu sumber kejahatan. Sebagaimana sabdayna Shallallahu ‘alaihi wasallam:
«الْخَمْرُ أُمُّ الْخَبَائِثِ»
Artinya: “Khamr adalah sumber kekejian”.
لأنها تصد عن ذكر الله وعن الصلاة التي هي عماد الدين وتحجب القلب عن نور الحكمة ولأنها عمل الشيطان توقع الإنسان في المخاطر وتفسد عليه ماله وجسمه. ولأنها سبب في وقوع العداوة والبغضاء بين الناس. لأن الشارب يقتل ويسرق ويزني ويبطش بمن هو أكبر منه مقامًا والصغير الذي أقل منه قدرًا ويفعل كل محظور ومنكر من القول والفعل.
Karena menghalangi ingat kepada Allah, menghalangi shalat yang menjadi tiang agama, menutupi hati dari cahaya hikmah, dan karena minum khamr itu dari perbuatan syaitan yang menjerumuskan manusia ke dalam bahaya dan merusak tubuh serta harta kekayaannya. Khamr menjadi sebah terjadinya permusuhan, dan kebencian dikalangan manusia. Orang yang meminum khamr akan mencuri, membunuh, melakukan zina, berbuat sewenang-wenang kepada orang yang kedudukannya lebih besar/tinggi, lebih- lebih kepada orang yang ada dibawahnya, dan berbuat setiap kejahatan dan kemungkaran baik ucapan maupun perbuatan.
من أجل ذلك حرمت. ونقول زيادة على ذلك إن بعض العرب في جاهليتهم وقبل التحريم في الإسلام لم يتعاطوا الخمر أصلًا مع عدم النهي في شربها لما في شربها من الأذى والضرر وأخذها بالعقل إلى المواطن التي وقع في الندم والأسف والحزن الشديد. إما على مال يضيع، وإما على عرض يهتك، أو على روح تزهق، أو على شواجر أرحام تقطع، أو على عرى مودة تفصم. وغير ذلك من الأضرار. والكتب مشحونة بأسماء الذين حرموها على أنفسهم قبل التحريم الشرعي الإسلامي.
Maka diharamkanlah khamr Lebih dari itu sebagian bangsa Arab pada masa jahiliyah sebelum khamr diharamkan di dalam Islam, mereka tidak pernah meninggalkan khamr sama sekali karena tidak ada larangan meminum khamr. Disebabkan meminum khamr itu menimbulkan penyakit, menimbulkan bahaya yang membawa akal kepada tempat-tempat penyesalan, kesusahan, kemiskinan, dan kenikmatan hancur, nyawa melayang, tali persaudaraan putus, tidak adanya rasa kasih sayang terhadap sesama, dan bahaya lain-lainnya. Maka banyak buku-buku yang memuat nama-nama orang yang mengharamkan khamr terhadap dirinya sebelum hukum Islam mengharamkan.