Jus Buah – العصير
العصير: وأما العصير فيدل على الخصب لمن ناله، فمن رأى أنه يعصر خمرًا فإنه يخدم سلطانًا ويجري على يديه أمور عظام.
Jus Buah: Adapun jus buah, maka itu menandakan kesuburan bagi orang yang mendapatkannya. Barangsiapa melihat seolah-olah ia memeras anggur, maka ia akan melayani seorang penguasa dan akan menjalankan urusan-urusan yang besar.
والخمر في الأصل مال حرام بلا مشقة، فمن رأى أنه يشرب الخمر فإنه يصيب إثمًا كبيرًا ورزقًا واسعًا لقوله عز وجل: ﴿يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ ۖ قُلْ فِيهِمَآ إِثْمٌۭ كَبِيرٌۭ وَمَنَـٰفِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَآ أَكْبَرُ مِن نَّفْعِهِمَا ۗ﴾٤
Anggur pada dasarnya adalah harta haram tanpa susah payah. Barangsiapa melihat seolah-olah ia meminum anggur, maka ia akan melakukan dosa besar dan mendapatkan rezeki yang luas. Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman, ” Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar1 dan judi. Katakanlah, “Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya.” (QS. Al-Baqarah: 219).
ومن رأى أنه شربها ليس له من ينازعه فيها، فإنه يصيب مالًا حرامًا، وقالوا: بل مالًا حلالًا. فإن رأى من ينازعه فيها، فإنه ينازعه في الكلام والخصومة، بقدر ذلك، فإن رأى أنه أصاب نهرًا من خمر، فإنه يصيب فتنة في دنياه. فإن دخله وقع في فتنة بقدر ما نال منه.
Dan barangsiapa melihat seolah-olah ia meminumnya tanpa ada yang menyainginya, maka ia akan mendapatkan harta haram. Dan dikatakan juga, bahkan harta yang halal. Jika ia melihat ada yang menyainginya, maka ia akan bersaing dalam perkataan dan perselisihan, sebanding dengan itu. Jika ia melihat seolah-olah ia menemukan sungai dari anggur, maka ia akan mengalami fitnah di dunia. Jika ia masuk ke dalamnya, maka ia akan jatuh dalam fitnah sebanding dengan apa yang ia dapatkan darinya.
وقال بعض المعبرين: ليس كثرة شرب الخمر في الرؤيا رديئة فقط، فإن رأى الإنسان كأنه بين جماعة كثيرة يشربون الخمر، فإن ذلك رديء لأن كثرة الشراب يتبعه السكر، والسكر فيه سبب الشغب والمضادة والقتال، وقال: الخمر لمن أراد الشركة والتزويج موافقة بسبب امتزاجها.
Dan sebagian ahli tafsir berkata, banyaknya minum anggur dalam mimpi tidak hanya buruk. Jika seseorang melihat seolah-olah ia berada di antara banyak orang yang minum anggur, maka itu buruk karena banyak minum akan diikuti oleh mabuk, dan mabuk mengandung sebab kerusuhan, pertentangan, dan perkelahian. Dan dikatakan, anggur bagi orang yang menginginkan persekutuan dan perkawinan adalah sesuai karena sifatnya yang bercampur.
وحكي أن رجلًا كأنه مسود الوجه محلوق الرأس يشرب الخمر، فقص رؤياه على معبر، فقال: أما سواد الوجه فإنك تسود قومك وأما حلق الرأس فإن قومك يذهبون عنك ويذهب أمرك، وأما شرب الخمر فإنك تحوز امرأة.
Diceritakan bahwa seorang lelaki melihat seolah-olah wajahnya hitam dan kepalanya botak sedang minum anggur, lalu ia menceritakan mimpinya kepada seorang ahli tafsir. Ahli tafsir itu berkata, “Adapun hitamnya wajahmu, maka engkau akan menguasai kaummu. Adapun botaknya kepalamu, maka kaummu akan meninggalkanmu dan urusanmu akan hancur. Adapun minum anggur, maka engkau akan mendapatkan seorang istri.”
وأتى ابن سيرين رجل فقال: رأيت كأن بين يدي إناءين في أحدهما نبيذ٥ وفي الآخر لبن، فقال: اللبن عدل والنبيذ عزل، فلم يلبث أن عزل وكان واليًا، وشرب الخمر للوالي عزل، وشرب نبيذ التمر مال فيه شبهة، وشرب نبيذ التمر اغتمام، وقد اختلفوا في شرب الخمر الممزوجة ماء فقيل: ينال مالًا بعضه حلال وبعضه حرام وقيل: يصيب مالًا في شركة وقيل: يأخذ من امرأة مالًا ويقع في فتنة.
Dan pernah datang seorang lelaki kepada Ibnu Sirin dan berkata, “Saya bermimpi seolah-olah di hadapanku ada dua wadah, di salah satunya ada nabidh dan di yang lainnya ada susu.” Ibnu Sirin berkata, “Susu adalah keadilan dan nabidh adalah pemecatan.” Tidak lama kemudian ia dipecat dan menjadi seorang gubernur. Dan minum nabidh bagi seorang gubernur adalah pemecatan. Dan minum nabidh dari kurma adalah harta yang di dalamnya ada keraguan. Dan minum nabidh dari kurma adalah kesedihan. Dan mereka berbeda pendapat tentang minum anggur yang dicampur air. Sebagian mengatakan, ia akan mendapatkan harta yang sebagiannya halal dan sebagiannya haram. Dan sebagian mengatakan, ia akan mendapatkan harta dalam sebuah perusahaan. Dan sebagian mengatakan, ia akan mengambil harta dari seorang wanita dan jatuh dalam fitnah.
والسكر من غير شراب هم وخوف وهول لقوله تعالى: ﴿وَتَرَى النَّاسَ سُكَارَىٰ وَمَا هُم بِسُكَلرَىٰ﴾١ والسكر من الشراب مال وبطر وسلطان يناله صاحب الرؤيا.
Mabuk tanpa minuman adalah kekhawatiran dan ketakutan. Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman, ” dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk.” (QS. Al-Hajj: 2). Dan mabuk karena minuman adalah harta, keangkuhan, dan kekuasaan yang akan didapatkan oleh pemilik mimpi.
والسكر من الشراب أمن من الخوف لأن السكران لا يفزع من شيء، فإن رأى أنه سكر ومزَّق ثيابه فإنه رجل إذا اتسعت دنياه بطر، ولا يحتمل النعم، ولا يضبط نفسه.
Mabuk karena minuman adalah aman dari ketakutan karena orang yang mabuk tidak takut pada apapun. Jika ia melihat seolah-olah ia mabuk dan merobek pakaiannya, maka ia adalah seorang lelaki yang jika dunianya luas, ia akan menjadi angkuh, tidak tahan terhadap nikmat, dan tidak dapat mengendalikan dirinya.
ومن شرب خمرًا أو سكر منها أصاب مالًا حرامًا ويصيب من ذلك المال سلطاناً بقدر مبلغ السكر منه. وقيل: إن السكر رديء للرجال والنساء، وذلك أنه يدل على جهل كثير،
Barangsiapa meminum anggur atau mabuk karenanya, maka ia akan mendapatkan harta yang haram dan dari harta itu ia akan mendapatkan kekuasaan sebanding dengan tingkat kemabukannya. Dan dikatakan, bahwa mabuk itu buruk bagi laki-laki dan perempuan, karena itu menandakan kebodohan yang banyak.
ورأى رجل كأنه ولي ولاية فركب في عمله مع قوم، فلما أراد أن ينصرف وجدهم سكارى أجمعين، فلم يقدر على أحد منهم، وأقام كل واحد على سكره، فقصَّها على ابن سيرين فقال: إنَّهم يتمولون ويستغنون عنك، ولا يجيبونك ولا يتبعونك.
Dan seorang lelaki melihat seolah-olah ia menjadi seorang gubernur, lalu ia bekerja bersama dengan sekelompok orang. Ketika ia ingin pulang, ia mendapati mereka semua mabuk. Ia tidak dapat berbuat apa-apa terhadap mereka, dan masing-masing dari mereka tetap dalam keadaan mabuk. Ia menceritakannya kepada Ibnu Sirin, maka Ibnu Sirin berkata, “Sesungguhnya mereka akan kaya dan tidak membutuhkanmu, dan mereka tidak akan mendengarkanmu atau mengikuti kamu.”
وأكل الطير المقلي للتنقل غيبة وبهتان٢ ورؤية الخمر في الخابية إصابة كنز.
Dan memakan burung goreng berarti berpindah-pindah, ghibah, dan fitnah. Dan melihat anggur dalam tong adalah mendapatkan harta karun.
٤ سورة البقرة، الآية: ۲۱۹.
٥ نبیذ: شراب سكر يتخذ من عصير العنب أو التمر حتى يتخمر.
١ سورة الحج، الآية: ٢.
٢ بهتان: الكذب الذي يدهش سامعه.
Kitab Tafsir Ahlam – Ibnu Sirin Halaman 243 – 244 Cetakan Daarul Ma’rifah 2002
Jika menemukan kesalahan ketik, baris, terjemah, dan makna silahkan email kami di kitabkuningdigital@gmail.com
#tafsirmimpi #tafsirmimpiibnusirin #ibnusirin #tafsirahlam #ahlam #tafsirmimpiibnusirin #mimpi #jusbuah #jus

