Hidung – الأنف
الأنف: وأما الأنف فيقال إنه جمال للرجل، ويقال هو قرابة الرجل. فإن رأى كأنه لا أنف له فلا رحم له، فإن رأى كأن له أنفين، فإنه يدل على اختلاف يقع بينه وبين الأهل، لأن الأنف ليس بغريب.
Hidung: Adapun hidung, dikatakan bahwa itu adalah keindahan bagi seorang laki-laki, dan dikatakan juga bahwa itu adalah kerabat laki-laki. Jika seseorang melihat seakan-akan ia tidak memiliki hidung, maka ia tidak memiliki belas kasihan. Jika seseorang melihat seakan-akan ia memiliki dua hidung, maka itu menunjukkan adanya perselisihan antara dirinya dan keluarganya, karena hidung bukanlah sesuatu yang asing.
فإن شم رائحة طيبة، دل على فرج يصيبه، وإن كانت امرأة صاحب الرؤيا حبلى فإنها تلد ولدًا سارًا. ويقال: إن الأنف الولد، ويقال الجاه والحسب، ويقال الأبوان، وتأويل ما يدخل في الأنف يجري مجرى الدواء، وما يدخل فيه من مكروه فهو غيظ يكظم. ومن رأى كأن له خرطومًا، دل على أن له حسبًا قويًا.
Jika mencium bau yang harum, itu menunjukkan kebahagiaan yang akan menimpanya. Dan jika pemilik mimpi adalah seorang wanita hamil, maka ia akan melahirkan anak laki-laki yang baik. Dikatakan juga bahwa hidung adalah anak, dan dikatakan juga kehormatan dan keturunan, dan dikatakan juga orang tua. Dan tafsir dari apa yang masuk ke dalam hidung sama dengan tafsir obat, dan apa yang masuk ke dalamnya yang buruk adalah kemarahan yang ditekan. Barangsiapa yang melihat seakan-akan ia memiliki belalai, itu menunjukkan bahwa ia memiliki keturunan yang kuat.
وأما الأنف فمن رأى أن إنساناً جدع أنفه، فإنه يكلمه بكلام يرغم به أنفه. وقيل: إن جدع الأنف من أصله يدل على موت المجدوع. وقيل: إن ذلك يدل على موت امرأة المجدوع إن كان بها حبل. وقيل: جدع الأنف هو أن يصيبه مكروه، فإن الوجه إذا أبين منه الأنف قبح، والتاجر إذا رأى كأنه أنفه جدع خسر في تجارته.
Adapun hidung, barangsiapa yang melihat seseorang memotong hidungnya, maka ia akan berbicara kepadanya dengan kata-kata yang membuatnya malu. Dan dikatakan, bahwa memotong hidung dari akarnya menunjukkan kematian orang yang dipotong hidungnya. Dan dikatakan, bahwa itu menunjukkan kematian istri orang yang dipotong hidungnya jika ia sedang hamil. Dan dikatakan, memotong hidung adalah mendapatkan musibah. Jika wajah terlihat jelek karena tidak ada hidung, dan seorang pedagang melihat seakan-akan hidungnya dipotong, maka ia akan rugi dalam perdagangannya.
وأما الأنف فيدل على عزل صاحبه أو ذله، وعلى جميع من يتجمل به ويتباهى، لأن الكبر مضاف إليه، فيقال: شمخ بأنفه. ويقال في الذلة: رغم أنفه. وربما دل على الولد والوالد وعلى ذكر من تدل الرأس عليه وفرجه لأنه يمتد بالمخاط من الناس، وهو كالنطفة وبه شبه في المثل، فيقال: مخطة أبيه إذا أشبهه.
Adapun hidung, itu menunjukkan pemecatan terhadap pemiliknya atau kehinaan, dan kepada semua orang yang memperindah dirinya dengannya dan membanggakan diri, karena kesombongan dikaitkan dengannya, sehingga dikatakan, “Membungkukkan hidung.” Dan dikatakan dalam kehinaan, “Merendahkan hidung.” Dan kadang-kadang itu menunjukkan anak dan orang tua, dan menunjukkan laki-laki yang diwakili oleh kepala dan kemaluannya, karena ia memanjang dengan lendir dari manusia, dan itu seperti sperma dan ada kemiripan di dalamnya dalam perumpamaan, sehingga dikatakan, “Mempunyai hidung seperti ayahnya” jika ia mirip dengan ayahnya.
وأصل ذلك أن نوحًا عليه السلام استكثر الفأر، فعطس الأسد، فسقط من منخره سنوران، أي قطان فالذكر من اليمين والأنثى من الشمال. فمن قطع أنفه نظر في حاله، فإن كان مريضًا مات، وإلا هلك من يدل الأنف عليه من أهله إن كان مريضًا، وإن لم يكن مريضًا نزلت به نازلة يكون منها مثلة وفضيحة، وإما فقر أو تعب أو هجر أو حلق لحية أو سقوط عليه.
Asal usulnya adalah bahwa Nabi Nuh alaihissalam sangat membenci tikus, lalu singa bersin, sehingga dari hidungnya keluar dua gigi, yaitu jantan dari kanan dan betina dari kiri. Barangsiapa yang memotong hidungnya, maka perhatikanlah keadaannya. Jika ia sakit, maka ia akan mati. Jika tidak, maka akan mati orang yang diwakili oleh hidungnya dari keluarganya jika ia sakit. Dan jika ia tidak sakit, maka akan menimpanya musibah yang akan menyebabkan dia cacat dan malu, atau kemiskinan, atau kelelahan, atau dijauhi, atau dicukur janggutnya, atau jatuh.
Kitab Tafsir Ahlam – Ibnu Sirin Halaman 46 – 47 Cetakan Daarul Ma’rifah 2002
Jika menemukan kesalahan ketik, baris, terjemah, dan makna silahkan email kami di [email protected]
#tafsirmimpi #tafsirmimpiibnusirin #ibnusirin #tafsirahlam #ahlam #tafsirmimpiibnusirin #mimpi #hidung #mimpihidung #mimpibau

