Kalung – العقد
العقد: وأما العقد للرجل في عنقه فإن كان طالبًا للقرآن جمعه، وإن كان طالبًا للنفقة أحكمه، وإن كان عليه عهد أو عقد وفي به، وإن لم يكن شيء من ذلك وكان عزبًا وتزوج امرأة تحسن القرآن،
Kalung: Jika seorang pria melihat kalung di lehernya, dan ia adalah seorang penuntut ilmu Al-Quran, maka itu menandakan bahwa ia akan mengumpulkan ilmu tersebut. Jika ia mencari nafkah, maka itu menandakan bahwa ia akan mendapatkan rezeki yang baik. Jika ia memiliki janji atau perjanjian, maka itu menandakan bahwa ia akan menepatinya. Jika ia belum menikah dan melihat kalung di lehernya, maka ia akan menikahi seorang wanita yang hafal Al-Quran.
وإن كان عنده حمل ولد له غلام إلى أن ينقطع سلكه ويتبدد نظمه، فإن كان في عنقه عهد نكثه١، وإن كان حافظًا للقرآن نسيه وغفل عنه، وإلا تشتت منه العلم، وتلف له، وإذا اجتمعت أسلاك فالجواهر منها قرآن، واللؤلؤ سنن، وسائر الجواهر حكم كلام البر والفقه. وعقد المرأة زوجها أو ولدها، والقلادة من جواهر تدل على الإيمان والعلم والقرآن.
Jika ia memiliki anak dalam kandungan, maka ia akan mendapatkan anak laki-laki. Namun, jika kalung itu putus atau terurai, maka itu menandakan bahwa ia akan melanggar janji atau lupa akan ilmu yang telah dipelajarinya. Jika benang kalung saling terjalin, maka permata-permata di dalamnya melambangkan Al-Quran, mutiara melambangkan sunnah, dan permata lainnya melambangkan hukum, pengetahuan, dan kebaikan. Untuk wanita, kalung melambangkan suami atau anak, dan kalung dari permata melambangkan iman, ilmu, dan Al-Quran.
وأما ما يعقد من العسل والحلو، فإن كان هو الذي عقد، جمع مالًا من كده وسعيه طيبًا، فإن أفادها ولم يدر من عقدها نال من عمل غيره، كالغنائم والمواريث والغلات.
Adapun sesuatu yang diikat dengan madu atau sesuatu yang manis, jika dia sendiri yang mengikatnya, maka dia akan mengumpulkan harta dari usaha dan jerih payahnya yang baik. Jika dia mendapatkan manfaat darinya tetapi tidak tahu siapa yang mengikatnya, maka dia akan mendapatkan keuntungan dari hasil kerja orang lain, seperti harta rampasan perang, warisan, atau hasil pertanian.
وقال القيرواني: أما عقد النكاح للمرأة المجهولة فإذا كان العاقد مريضًا مات. وإن كان عفيفًا عقد عقدًا على سلطان أو شهد شهادة على مقتول، لأن المرأة سلطان والوطء كالقتل، والذكر كالخنجر والرمح سيما الافتضاض الذي فيه جريان لدم عند الفعل، وإن كانت معروفة أو نسبت له ألا كان أبوها شيخًا فإنه يعقد وجهًا من الدنيا، إما دارًا أو عبدًا أو حانوتًا أو يشتري سلعة وينعقد له من المال ما تقر به عينه.
Al-Qayrawani berkata, “Adapun pernikahan dengan seorang wanita yang tidak dikenal, jika orang yang mengikat pernikahan itu sakit, maka dia akan meninggal. Jika dia adalah orang yang suci, maka dia akan mendapatkan kedudukan yang tinggi atau menjadi saksi atas pembunuhan. Karena wanita itu seperti penguasa, dan persetubuhan seperti pembunuhan. Alat kelamin pria seperti keris dan tombak, terutama saat perdarahan terjadi. Jika wanita itu dikenal atau memiliki hubungan keluarga dengannya, misalnya ayahnya sudah tua, maka dia akan mendapatkan harta duniawi, seperti rumah, budak, toko, atau membeli barang dan mendapatkan keuntungan yang banyak.”
وإن تأجل وقته حتى يدخل بالزوجة وينال منها حاجته فيتعجل ما قد تأجل. وأما العقد فهو على قميص عقد تجارته، وعلى الحبل صحة دين، وعلى المنديل إصابة خادم، وعلى السراويل تزوج امرأة، وعلى الخيط إبرام أمر هو فيه من ولاية أو تزويج أو تجارة.
Jika waktu (pernikahan) ditunda sampai dia berhubungan dengan istrinya dan mendapatkan apa yang dia inginkan, maka dia akan segera mendapatkan apa yang telah ditundanya. Adapun ikatan, jika pada baju, maka itu menandakan transaksi dagangnya. Jika pada tali, maka itu menandakan kesehatan agamanya. Jika pada sapu tangan, maka itu menandakan mendapatkan seorang pelayan. Jika pada celana, maka itu menandakan pernikahan. Jika pada benang, maka itu menandakan penyelesaian suatu urusan, baik itu jabatan, pernikahan, atau perdagangan.
فإن انعقد الخيط تيسر ما يطلبه وإن لم ينعقد تعسر مرامه وتعذر مطلوبه. فإن رأى كأن العقدة وقعت على شيء من هذه الأشياء من غير أن يعقدها فإنها تدل على ضيق وغم من قبل السلطان.
Jika benang itu terikat, maka apa yang dia inginkan akan mudah didapat. Namun jika tidak terikat, maka keinginannya akan sulit tercapai. Jika dia melihat ikatan pada suatu benda tanpa dia mengikatnya, maka itu menandakan kesulitan dan kesedihan yang disebabkan oleh penguasa.
فإن رأى كأن غيره فتحها كان ذلك لغير سبب فرجه عنه. فإن رأى أنه فتحها بعد جهد فإنه ينجو من ذلك بعد جهد. وإن رأى كأنها فتحت بنفسها فإن الله تعالى يفرج عنه من حيث لا يحتسب.
Jika dia melihat orang lain membuka ikatan itu tanpa alasan, maka kesulitannya akan hilang. Jika dia membuka ikatan itu dengan susah payah, maka dia akan keluar dari kesulitan itu setelah berusaha keras. Dan jika ikatan itu terbuka dengan sendirinya, maka Allah akan membebaskannya dari kesulitan tanpa disangka-sangka.
١ نكثه: من نكث العهد إذا نقضه وأخلفه.
Kitab Tafsir Ahlam – Ibnu Sirin Halaman 246 Cetakan Daarul Ma’rifah 2002
Jika menemukan kesalahan ketik, baris, terjemah, dan makna silahkan email kami di kitabkuningdigital@gmail.com
#tafsirmimpi #tafsirmimpiibnusirin #ibnusirin #tafsirahlam #ahlam #tafsirmimpiibnusirin #mimpi #kalung
