• Backup Home
  • Home 2
  • Privacy Policy
  • Qasidah dan Shalawat Page
  • Rawi Simthud Duror dan Terjemah
  • Tentang Kami
  • Home
Kitab Kuning Digital
No Result
View All Result
Saturday, May 17, 2025
  • Home
  • Kajian Kitab
    • Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu
    • Tafsir Mimpi Ibnu Sirin
    • Safiinatun Najaah
    • Taklim Muta`allim
  • Qasidah
  • PDF Kitab Kuning
  • Khutbah
  • Manakib
  • Shalat
  • Apps
  • Artikel
  • Tentang Kami
  • Home
  • Kajian Kitab
    • Hikmatut Tasyrif wa Falsafatuhu
    • Tafsir Mimpi Ibnu Sirin
    • Safiinatun Najaah
    • Taklim Muta`allim
  • Qasidah
  • PDF Kitab Kuning
  • Khutbah
  • Manakib
  • Shalat
  • Apps
  • Artikel
  • Tentang Kami
No Result
View All Result
Kitab Kuning Digital
No Result
View All Result
  • PDF
  • Qasidah
  • Doa-doa
  • Kajian Kitab
  • Tuntunan Ibadah
  • Apps
  • Artikel
  • Infografis
  • Khutbah
  • Manakib
  • Tanya Jawab Keislaman
  • Tentang Kami
Home Shalat

Mengapa Dzikir Sesudah Shalat Jumat Digugat?

Kitab Kuning Digital by Kitab Kuning Digital
2023-12-11
in Shalat
Reading Time: 4 mins read
A A
0
4
SHARES
20
VIEWS
FacebookTwitterWhatsappTelegramLine

Amalan kita sejak dulu setelah Jumat mendapat tanggapan bahwa hadisnya adalah palsu. Ust Abu Syamil Humaidy sangat gegabah hanya menilai 1 riwayat saja:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1228735177180408&id=516853498368583

Ustadz tersebut langsung memvonis sebagai hadis palsu, namun tidak disertai apa alasan yang menjadikan hadis tersebut berstatus palsu. Boleh jadi hanya sekedar melihat di kitabnya Syekh Albani yang langsung memberi catatan ‘Maudlu‘, misalnya dalam Al-Jami’ Ash-Shaghir.

Padahal kalau beliau mau membuka kitab Syekh Albani yang lebih besar akan menemukan alasannya, sekaligus tidak akan sembrono melarang dzikir tersebut karena masih ada jalur riwayat lain yang hampir sama, meskipun hadisnya dlaif. Dan kita sudah tahu mayoritas ulama menghukumi boleh mengamalkan hadis dlaif dalam masalah keutamaan beramal.

Baiklah saya akan bantu Ust Abu Syamil Humaidy untuk melengkapi tuduhan Maudlu’. Kata Syekh Albani:

ﻭﻫﺬا ﻣﻮﺿﻮﻉ؛ ﺁﻓﺘﻪ اﻟﺒﻠﺨﻲ ﻫﺬا؛ ﻗﺎﻝ اﻟﺨﻄﻴﺐ ﻓﻲ “اﻟﺘﺎﺭﻳﺦ” (8/ 44) :
“ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺛﻘﺔ؛ ﻓﺈﻧﻪ ﻧﺴﺨﺔ ﻋﻦ ﻳﺰﻳﺪ ﺑﻦ ﻫﺎﺭﻭﻥ ﻋﻦ ﺣﻤﻴﺪ ﻋﻦ ﺃﻧﺲ؛ ﺃﻛﺜﺮﻫﺎ ﻣﻮﺿﻮﻉ”.

Hadis ini palsu. Penyebabnya adalah Al-Balkhi. Khatib berkata dalam At-Tarikh (8/44): Ia bukan perawi terpercaya. Itu adalah salinan dari Yazid bin Harun dari Humaid dari Anas. Kebanyakan salinannya adalah palsu

ﻭﺃﺑﻮ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺴﻠﻤﻲ؛ ﺻﻮﻓﻲ ﻣﺘﻬﻢ ﺑﻮﺿﻊ اﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﻟﻠﺼﻮﻓﻴﺔ.

Abu Abdurrahman As-Sulami adalah seorang Sufi, ia diduga memalsukan hadis-hadis untuk kelompok Sufi. (Silsilah Ahadits Adl-Dlaifah 9/132)

Demikian halnya ahli hadis Syekh Abdurrauf Al-Munawi mengutip dari ulama lainnya:

ﻗﺎﻝ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﻓﻲ اﻟﺨﺼﺎﻝ: ﻭﻓﻲ ﺇﺳﻨﺎﺩﻩ ﺿﻌﻒ ﺷﺪﻳﺪ ﻓﺈﻥ اﻟﺤﺴﻴﻦ اﻟﺒﻠﺨﻲ ﻗﺎﻝ اﻟﺤﺎﻛﻢ: ﻛﺜﻴﺮ اﻟﻤﻨﺎﻛﻴﺮ

Ibnu Hajar berkata dalam Al-Khishal: Di dalam sanadnya sangat lemah. Sebab Husain Al-Balkhi dikomentari oleh Al-Hakim: “Banyak hadis mungkar” (Faidl Al-Qadir 6/204).

Hadis Lain Tentang Dzikir Setelah Shalat Jum’at

Sebelum Syekh Albani menghukumi hadis palsu di atas, beliau terlebih dahulu memberi penilaian terhadap hadis berikut:

(ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺑﻌﺪ ﺻﻼﺓ اﻟﺠﻤﻌﺔ (ﻗﻞ ﻫﻮ اﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ) ﻭ (ﻗﻞ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﺮﺏ اﻟﻔﻠﻖ) ﻭ (ﻗﻞ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﺮﺏ اﻟﻨﺎﺱ) ﺳﺒﻊ ﻣﺮاﺕ؛ ﺃﺟﺎﺭﻩ اﻟﻠﻪ ﺑﻬﺎ ﻣﻦ اﻟﺴﻮء ﺇﻟﻰ اﻟﺠﻤﻌﺔ اﻷﺧﺮﻯ) . ﺿﻌﻴﻒ

“Barang siapa membaca setelah Shalat Jum’at surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas 7 kali, maka Allah akan menyelamatkannya dengan bacaan itu dari keburukan sampai Jumat yang lain” (Hadis ini dlaif)

ﺭﻭاﻩ اﺑﻦ اﻟﺴﻨﻲ ﻓﻲ “ﻋﻤﻞ اﻟﻴﻮﻡ ﻭاﻟﻠﻴﻠﺔ” (369) ، ﻭاﺑﻦ ﺷﺎﻫﻴﻦ ﻓﻲ “اﻟﺘﺮﻏﻴﺐ” (314/ 2)

Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu As-Sunni dalam Amal Al-Yaum Wa Al-Lailah (369) dan Ibnu Syahin dalam At-Targhib (2/314) dari Aisyah.

ﻗﻠﺖ: ﻭﻫﺬا ﺇﺳﻨﺎﺩ ﺿﻌﻴﻒ؛ ﻣﻦ ﺃﺟﻞ اﻟﺨﻠﻴﻞ ﺑﻦ ﻣﺮﺓ؛ ﻓﺈﻧﻪ ﺿﻌﻴﻒ؛ ﻛﻤﺎ ﺟﺰﻡ ﺑﻪ ﻓﻲ “اﻟﺘﻘﺮﻳﺐ”.

Saya (Albani) katakan: Hadis ini dlaif karena Khalil bin Murrah, ia dlaif. Seperti yang ditegaskan oleh Ibnu Hajar dalam At-Taqrib. (Adl-Dlaifah 9/132)

Penilaian dari ulama lain terhadap hadis tersebut disampaikan oleh Syekh Abdurrauf Al-Munawi:

ﻗﺎﻝ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ: ﺳﻨﺪﻩ ﺿﻌﻴﻒ ﻭﻟﻪ ﺷﺎﻫﺪ ﻣﻦ ﻣﺮﺳﻞ ﻣﻜﺤﻮﻝ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ ﻣﻨﺼﻮﺭ ﻓﻲ ﺳﻨﻨﻪ ﻋﻦ ﻓﺮﺝ ﺑﻦ ﻓﻀﺎﻟﺔ ﻭﺯاﺩ ﻓﻲ ﺃﻭﻟﻪ ﻓﺎﺗﺤﺔ اﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺁﺧﺮﻩ: ﻛﻔﺮ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ اﻟﺠﻤﻌﺘﻴﻦ ﻭﻓﺮﺝ ﺿﻌﻴﻒ اﻩ.

Ibnu Hajar berkata: Sanadnya lemah. Dan hadis ini memiliki hadis penguat eksternal dari hadis Mursal Makhul, yang dikeluarkan oleh Sa’id bin Manshur dari Faraj bin Fadlalah dan ia menambahkan riwayat awalnya “Surat Fatihah“, di akhir ia berkata: “Allah melebur bagian dosa (kecil) diantara 2 Jumat. Dan Faraj adalah dlaif” (Faidl Al-Qadir 6/203).

Kita tidak mengamalkan hadis palsu yang di atas. Yang kita amalkan adalah hadis riwayat Ibnu As-Sunni yang memang dinilai dlaif, namun menurut ulama ahli hadis masih memiliki hadis pendukung dari Tabi’in bernama Makhul. Maka dari itu ada ulama besar yang dengan ijtihadnya menggunakan riwayat tersebut:

ﻭﺃﺧﺬ ﺣﺠﺔ اﻹﺳﻼﻡ ﺑﻘﻀﻴﺔ ﻫﺬا اﻟﺨﺒﺮ ﻭﻣﺎ ﺑﻌﺪﻩ ﻓﺠﺰﻡ ﺑﻨﺪﺑﻪ ﻓﻲ ﺑﺪاﻳﺔ اﻟﻬﺪاﻳﺔ

Dan Hujjatul Islam Al-Ghazali mengambil kesimpulan dari hadis ini dan sesudahnya, maka beliau tegaskan menganjurkan untuk mengamalkan dzikir tersebut dalam kitab Bidayatul Mujtahid (Faidl Al-Qadir 6/203)

Related

Tags: DzikirDzikir Shalat JumatIbadahShalatShalat jumatTuntunan Ibadah
Share2Tweet1SendShareShare
Previous Post

Shalat Jum’at Sebagai Pengganti Shalat Zhuhur bagi Wanita

Next Post

Membiasakan Shalat Isyrak

Kitab Kuning Digital

Kitab Kuning Digital

Penggiat Transformasi Digital keIslaman untuk mendukung Digitalisasi Kitab Kuning untuk pembelajaran masyarakat awam.

Artikel Terkait

Inilah Hukum Shalat Hari Raya di Lapangan
Shalat

Inilah Hukum Shalat Hari Raya di Lapangan

by Kitab Kuning Digital
2023-12-11
0

Shalat Hari Raya di Lapangan Pertanyaan : Bagaimana hukum shalat hari Raya di lapangan, apabila mesjid tidak muat?. Jawab : Sunat shalat hari Raya di...

Read moreDetails
Orang Fasik menjadi Imam Shalat Tarawih

Orang Fasik menjadi Imam Shalat Tarawih

2023-12-11
Begini Hukum Shalat Jumat di Mushalla

Begini Hukum Shalat Jumat di Mushalla

2023-12-11
Sholat Jumat: Hukum, Keutamaan dan Pengertiannya

Sholat Jumat: Hukum, Keutamaan dan Pengertiannya

2023-12-11
Next Post
Membiasakan Shalat Isyrak

Membiasakan Shalat Isyrak

Hukum Shalat Sunat Rabu Terakhir Bulan Safar

Hukum Shalat Sunat Rabu Terakhir Bulan Safar

Begini Hukum Shalat Jumat di Mushalla

Begini Hukum Shalat Jumat di Mushalla

Inilah Jawaban Shalat Tahajud Sekaligus Shalat Hajat

Inilah Jawaban Shalat Tahajud Sekaligus Shalat Hajat

© 2023 DH Tech - Daarul Hijrah Tech Kitab Kuning Digital.

No Result
View All Result
  • PDF
  • Qasidah
  • Doa-doa
  • Kajian Kitab
  • Tuntunan Ibadah
  • Apps
  • Artikel
  • Infografis
  • Khutbah
  • Manakib
  • Tanya Jawab Keislaman
  • Tentang Kami

© 2023 DH Tech - Daarul Hijrah Tech Kitab Kuning Digital.