Gendang – الطبل
الطبل: وصوت الطبل صوت باطل، فإن كان معه صراخ زمر ورقص فهو مصيبة، والطبَّال رجل بطال ويفتخر بالطبالة، والطبل رجل صفعان٥ فمن رأى أنه تحول طبلًا صار صفعانًا. وطبل المخنثين امرأة لها عيوب يكره تصريحها لأنها عورة وفضيحة، إذا فتش عنها كانت شنعة لأن ارتفاع صوته شناعة١، وكذلك حال هذه المرأة. وطبل النساء تجارة في أباطيل قليلة المنفعة كثيرة الشنعة. والطبل إذا انفرد خبر باطل مشهور.
Gendang: “Suara gendang adalah suara yang batil. Jika disertai dengan teriakan, musik tiup, dan tarian, maka itu adalah musibah. Pemain gendang adalah orang yang malas dan bangga dengan gendangnya. Gendang juga melambangkan orang yang suka memukul. Barangsiapa melihat dirinya berubah menjadi gendang, maka ia menjadi orang yang suka memukul. Gendang para banci adalah wanita yang memiliki cacat yang ia benci untuk diungkapkan karena itu adalah aib dan memalukan. Jika diteliti, ia akan terlihat sangat buruk karena kerasnya suaranya adalah keburukan, dan begitu pula keadaan wanita ini. Gendang para wanita adalah perdagangan yang batil, sedikit manfaatnya dan banyak aibnya. Gendang jika berdiri sendiri adalah kabar bohong yang terkenal.”
٥ صفعان: كثير الضرب بكفه.
١ شناعة: قبح واستنكار.
Kitab Tafsir Ahlam – Ibnu Sirin Halaman 229 -230 Cetakan Daarul Ma’rifah 2002
Jika menemukan kesalahan ketik, baris, terjemah, dan makna silahkan email kami di kitabkuningdigital@gmail.com
#tafsirmimpi #tafsirmimpiibnusirin #ibnusirin #tafsirahlam #ahlam #tafsirmimpiibnusirin #mimpi #gendang #kemarahan

