Pembunuhan – القتل
القتل: وأما القتل فمن رأى أنه قتل إنسانًا فإنه يرتكب أمرًا عظيمًا، وقيل: إنه نجاة من غم لقوله تعالى: ﴿وَقَتَلْتَ نَفْسًا فَنَجَّيْنَاكَ مِنَ الْغَمِّ وَفَتَنَّكَ فُتُونًا﴾١.
“Pembunuhan: Jika seseorang bermimpi membunuh orang lain, maka ia akan melakukan perbuatan yang besar. Ada juga yang mengatakan bahwa itu pertanda terlepas dari kesulitan, sebagaimana firman Allah: Dan engkau pernah membunuh seseorang, lalu Kami selamatkan engkau dari kesulitan (yang besar) dan Kami telah mencobamu dengan beberapa cobaan (yang berat).‘ (QS. Taha: 40).
ومن رأى أنه يقتل نفسه، أصاب خيرًا أو تاب توبة نصوحًا، لقوله تعالى: ﴿فَتُوبُوا إِلَى بَارِئكُمْ فَاقْتُلُوا أَنفُسَكُمْ﴾٢ الآية.
Jika seseorang bermimpi bunuh diri, maka ia akan mendapatkan kebaikan atau bertaubat dengan tulus, sebagaimana firman Allah: karena itu bertobatlah kepada Penciptamu dan bunuhlah dirimu.’ (QS. Al-Baqarah: 54).
ومن رأى أنه يقتل فإنه يطول عمره ومن رأى كأنه قتل نفسًا من غير ذبح، أصاب المقتول خيرًا. والأصل أن الذبح فيما لا يحل ذبحه ظلم.
Jika seseorang bermimpi membunuh, maka umurnya akan panjang. Jika seseorang bermimpi membunuh tanpa menyembelih, maka orang yang dibunuh akan mendapatkan kebaikan. Pada dasarnya, menyembelih hewan yang tidak halal untuk disembelih adalah tindakan zalim.
فإن رأى أنه ذبحه ذبحًا، فإن الذابح يظلم المذبوح في دينه، ومعصية يحمله عليها، وأما من قتل قتيلًا أو سمي وعرف قاتله، ينال خيرًا وغنى ومالًا وسلطانًا، وقد ينال ذلك من القاتل أو شريكه، ولقوله تعالى: ﴿وَمَن قُتِلَ مَظْلُومًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهِ سُلْطَانًا﴾٣
Jika seseorang bermimpi menyembelih seseorang, maka orang yang menyembelih melakukan kezaliman terhadap orang yang disembelih dalam hal agama dan memaksanya melakukan perbuatan dosa. Jika seseorang membunuh orang yang sudah dikenal dan mengetahui siapa pembunuhnya, maka ia akan mendapatkan kebaikan, kekayaan, dan kekuasaan. Bisa jadi ia mendapatkannya dari pembunuh atau rekan kerjanya, sebagaimana firman Allah: Dan barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sungguh, Kami telah memberi kekuasaan kepada walinya.’ (QS. Al-Isra’: 33).
وإن لم يعرف قاتله فإنه رجل كفور يجري كفره على قدره، إما كفر الدين، وإما كفر النعمة، لقوله تعالى: ﴿قُتِلَ الْإِنسَانُ مَآ أَكْفَرَهُ﴾٤.
Jika ia tidak mengetahui siapa pembunuhnya, maka ia adalah orang yang kafir dan kekafirannya sebanding dengan perbuatannya, baik itu kafir dalam agama maupun kafir dalam nikmat, sebagaimana firman Allah: Celakalah manusia! Alangkah kufurnya dia.’ (QS. Abasa: 17).
وأتت ابن سيرين امرأة فقالت: رأيت كأني قتلت زوجي مع قوم. فقال لها: إنك حملت زوجك على إثم، فاتقي الله عز وجل، قالت: صدقت.
Ibn Sirin pernah ditanya oleh seorang wanita yang bermimpi membunuh suaminya. Ibn Sirin berkata, ‘Engkau telah mendorong suamimu untuk berbuat dosa, maka bertaqwalah kepada Allah.’ Wanita itu menjawab, ‘Benar.’
وأتاه آخر فقال: رأيت كأني قتلت صبيًا وشوهته. فقال: إنك ستظلم هذا الصبي بأن تدعوه إلى أمر محظور، وأنه سيطيعك.
Ada juga orang yang bertanya pada Ibn Sirin, ‘Saya bermimpi membunuh anak kecil dan melukai dia.’ Ibn Sirin menjawab, ‘Engkau akan menzalimi anak itu dengan mengajaknya melakukan perbuatan yang dilarang, dan dia akan menurutimu.'”
١ سورة طه، الآية: ٤٠.
٢ سورة البقرة، الآية: ٥٤.
٣ سورة الإسراء، الآية: ٣٣.
٤ سورة عبس، الآية: ١٧.
Kitab Tafsir Ahlam – Ibnu Sirin Halaman 273 – 274 Cetakan Daarul Ma’rifah 2002
Jika menemukan kesalahan ketik, baris, terjemah, dan makna silahkan email kami di kitabkuningdigital@gmail.com
#tafsirmimpi #tafsirmimpiibnusirin #ibnusirin #tafsirahlam #ahlam #tafsirmimpiibnusirin #mimpi #pebunuhan

