Kopiah – القلنسوة
القلنسوة: والقلنسوة٣ سفر بعيد أو تزويج امرأة أو شراء جارية، ووضعها على الرأس إصابة سلطان ورياسة، ونيل خير من رئيس أو قوة لرئيسه، ونزعها مفارقة لرئيسه، فإن رآها مخرقة ووسخة فإن رئيسه يصيبه هم بقدر ذلك.
Kopiah: Kopiah adalah perjalanan jauh atau perkawinan dengan seorang wanita atau membeli seorang budak perempuan, dan memakainya di kepala adalah mendapatkan kekuasaan dan kepemimpinan, dan mendapatkan kebaikan dari seorang pemimpin atau kekuatan bagi pemimpinnya, dan melepasnya adalah perpisahan dari pemimpinnya. Jika ia melihatnya sobek dan kotor, maka pemimpinnya akan mendapat kesedihan sebanding dengan itu.
وإن نزعها عن رأسه شاب مجهول أو سلطان مجهول فهو موت رئيسه، أو فراق ما بينهما بموت أو حياة، فإن رأى على رأسه برطلة فهو يعيش في كنف رئيسه، فإن كانت بيضاء فإنه يصيب سلطانًا إن كان ممن يلبسها، وإن لم يكن فهو دينه الذي يعرف به،
Dan jika ia melepasnya dari kepalanya oleh seorang pemuda yang tidak dikenal atau seorang sultan yang tidak dikenal, maka itu adalah kematian pemimpinnya, atau perpisahan di antara mereka dengan kematian atau kehidupan. Jika ia melihat sorban di kepalanya, maka ia hidup di bawah perlindungan pemimpinnya. Jika berwarna putih, maka ia akan mendapatkan kekuasaan jika ia termasuk orang-orang yang memakainya, dan jika tidak, maka itu adalah agamanya yang dikenalnya.
ومن رأى ملكًا أعطى الناس قلانس فإنه يرئس الرؤساء على الناس ويوليهم الولايات، ولبس القلنسوة مقلوبة تغير رئيسه عن عادته، فإن رأى بقلنسوة الإمام آفة أو بهاء فإنه في الإسلام الذي توجَّه الله تعالى به وبالمسلمين الذين أعزه بهم.
Dan barangsiapa yang melihat seorang raja memberikan kopiah kepada orang-orang, maka ia akan memimpin para pemimpin atas orang-orang dan menunjuk mereka pada jabatan. Dan memakai kopiah terbalik adalah perubahan pemimpinnya dari kebiasaan. Jika ia melihat pada kopiah imam ada cacat atau keindahan, maka itu adalah dalam Islam yang dimuliakan oleh Allah Ta’ala dan para muslim yang dimuliakan-Nya.
فإن كانت من برود كما كان يلبسه الصالحون، فهو يتشبه بهم ويتبع آثارهم في ظاهر أمره.
Jika terbuat dari bulu domba seperti yang biasa dipakai oleh orang-orang saleh, maka ia meniru mereka dan mengikuti jejak mereka dalam perkara zahirnya.
ومن رأى بقلنسوة نفسه وسخًا أو حدثًا فهو دليل على ذنوب قد ارتكبها، فإن رأت امرأة على رأسها قلنسوة، فإنها تتزوج إن كانت أيمًا٤، وإن كانت حبلى ولدت غلامًا على جوهر أو القلنسوة،
Dan barangsiapa yang melihat kopiah dirinya kotor atau rusak, maka itu adalah bukti dosa yang telah ia lakukan. Jika seorang wanita melihat kopiah di kepalanya, maka ia akan menikah jika ia janda, dan jika ia hamil, ia akan melahirkan seorang anak laki-laki sesuai dengan kualitas atau kopiahnya.
ومن رأى قلنسوة من سمور٥ أو سنجاب أو ثعلب، فإن كان رئيسه سلطانًا فهو ظالم غشوم٦، وإن كان رئيسه فقيهًا، فهو خبيث الدين، وإن كان رئيسه تاجرًا فهو خبيث المتجر، وإن كانت القلنسوة من فرو الضأن فهي صالحة.
Dan barangsiapa yang melihat kopiah dari bulu cerpelai atau tupai atau rubah, jika pemimpinnya adalah seorang sultan, maka ia adalah seorang yang zalim dan penipu. Dan jika pemimpinnya adalah seorang ulama, maka ia adalah orang yang buruk agamanya. Dan jika pemimpinnya adalah seorang pedagang, maka ia adalah orang yang buruk dalam berdagang. Dan jika kopiah itu terbuat dari bulu domba, maka itu adalah baik.
وجاء رجل إلى معبر فقال: رأيت كأن عدواً لي فقيهًا عليه ثياب سود، وقلنسوة سوداء، وهو راكب على حمار أسود فقال: قلنسوته السوداء توليته القضاء والحكم، والثياب السود سؤدد يصيبه، والحمار الأسود خير ودولة مع سؤدد يناله.
Dan datang seorang laki-laki kepada seorang penafsir mimpi lalu berkata: Aku melihat seakan-akan musuhku seorang ulama memakai pakaian hitam dan kopiah hitam, dan ia naik seekor keledai hitam. Maka ia berkata: Kopiah hitamnya menunjukkannya pada jabatan sebagai hakim, dan pakaian hitam adalah kemuliaan yang akan ia dapatkan, dan keledai hitam adalah kebaikan dan keberuntungan bersama dengan kemuliaan yang akan ia dapatkan.
٣ القلنسوة: لباس للرأس مختلف الأنواع والأشكال.
٤ الأيم: المقيمة بلا زوج بكراً كانت أم ثيبة.
٥ سمور: حيوان ثديي من آكلات اللحوم ويتخذ من جلده فرو ثمين.
٦ غشوم: الذي يخبط الناس ويأكل كل ما قدر عليه.
Kitab Tafsir Ahlam – Ibnu Sirin Halaman 282 Cetakan Daarul Ma’rifah 2002
Jika menemukan kesalahan ketik, baris, terjemah, dan makna silahkan email kami di [email protected]
#tafsirmimpi #tafsirmimpiibnusirin #ibnusirin #tafsirahlam #ahlam #tafsirmimpiibnusirin #mimpi #kopiah
