Aiqontu annaka
أَيْقَنْتُ أَنَّكَ
أَيْقَنْتُ أَنَّكَ مُحْسِنٌ وَهَّابُ — فَقَرَعْتُ بَابَكَ وَهُوَ نِعْمَ الْبَابُ
Aiqantu annaka muhsninun wahhabun – faqara’tu baabaka wa huwa ni’mal-baabu
Aku yakin bahwa Engkau adalah Dzat yang Maha Baik dan Maha Pemberi – maka aku mengetuk pintu-Mu, dan itulah pintu yang terbaik
وَطَفِقْتُ الْتَمِسُ الْوُصُوْلَ وَإِنَّمَا — بِالْاِجْتِهَادِ أُقِيْمَتِ الْأَسْبَابُ
Wa thafiqtul-tamisul-wuṣhuula wa innamaa – bil-ijtihaadi uqiimatil-asbaabu
Dan aku berusaha untuk sampai (ke hadirat-Mu), dan sesungguhnya sebab-sebab (untuk mencapainya) didirikan dengan usaha
نَادَتْنِيَ الْأَعْمَالُ تَدْعُوْنِي لَهَا — فَسَمِعْتُ لٰكِنْ مَا هُنَاكَ جَوَابُ
Naadatniyal-a’maalu tad’uuunii lahaa – fasam’itu laakin maa hunaka jawaabu
Amal-amalku memanggilku untuk (menuju) ke sana – maka aku mendengar, tetapi tidak ada jawaban
مَا سَرِّنِي مَنِّي سِوَى حُبِّى لِمَنْ — أَحْبَبْتَهُمْ فَهُمُواهُمُ الْأَحْبَابُ
Maa sarrinii minnii siwaa ḥubbii liman – aḥbabtumuu fahumuuwaahumul-ahbaabu
Tidak ada yang membuatku senang dari diriku kecuali cintaku kepada orang-orang yang Engkau cintai, karena merekalah kekasih-kekasih (Mu)
عَرَفُوا جَلِيَّةَ أَمْرِهِمْ فَتَوَجَّهُوا — بِالصِّدْقِ نَحْوَكَ بَعْدَ مَا قَدْ طَابُو
‘Arafuu jaliyyata amrihim fatawajjahu – bish-ṣhidqi nahwaka ba’da maa qad thaabuu
Mereka mengetahui hakikat keadaan mereka dengan jelas, lalu mereka menghadap kepada-Mu dengan ketulusan setelah mereka menjadi suci
فَهُمُ الْعِبَادُ الْمُخْلَصُوْنَ وَكَمْ بِهِمْ — عَبْدٌ كَرِيْمٌ مَا عَلَيْهِ حِسَابُ
Fahumul-‘ibaadul-mukhlishuna wa kam bihim – ‘abdun kariimun maa ‘alaihi ḥisaabu
Mereka adalah hamba-hamba yang tulus, dan bersama mereka ada hamba yang mulia yang tidak dihisab
شَهِدَ الْحَقَائِقَ فَاخْتَفٰى فِي نُوْرِهَا — فَعَلَيْهِ مِنْ ذَاكَ الْخَفَاءِ حِجَابُ
Syahidal-ḥaqaa’iqa fakhtafaa fii nuurihaa – fa’alaihi min dzaakal-khafaa’i ḥijaabu
Dia menyaksikan hakikat-hakikat, lalu dia tersembunyi dalam cahayanya – maka di atasnya ada hijab dari penyamaran itu
مَلَاحَ شَاهِدُهُ عَلَى ذِي فِطْنَةٍ — إِلَّا وَنَازَلَهُ بِهِ الْإِعْجَابُ
Malaaḥa syaahiduhu ‘alaa dzii fitnatin – illaa wa naazalahu bihil-i’jaab
Saksi (keadaan)nya mengalahkan orang yang cerdas – kecuali dia mengalahkannya dengan kekaguman
مَنَعٌ بِهَا خَصَّ الْاِلٰهُ مَنِ ارْتَضٰى — مِنْ خَلْقِهِ سَمِعُوا النِّدَي فَأَجَابُوا
Mana’un bihaa khasshal ilaahu manirtadhaa – min khalqihi sami’un-nidaa fa ajabu
Dengan karunia itu, Allah menganugerahi orang yang Dia ridhai – dari makhluk-Nya mereka mendengar seruan, lalu mereka menjawab
هٰذَا الْعَمْرِي الْفَوْزُ وَالزُّلْفٰي لِمَنْ — لَهُمُوا إِذَا بَانَ الْخَفَا الْبَابْ
Haadzal-‘amriil-fauzu waz-zulfa li man – lahumuu idzaa baanal-khafal-baab
Inilah kemenangan dan kedekatan (dengan Allah) bagi orang yang – memiliki pintu tersembunyi ketika rahasia terungkap
أَهْلِي وَنِعْمَ الْأَهْلُ حَسْبِي أَنَّنِي — فَرْعٌ لَهُمْ جَاءَتْ بِهِ الْأَنْسَابُ
Ahlii wa ni’mal-ahlu ḥasbiy annanii – far’un lahum jaa’at bihil-ansaabu
Keluarga dan kerabatku, cukuplah bagiku bahwa aku – adalah keturunan mereka yang dibawa oleh garis keturunan
نِعَمٌ بِهَا سَبَقَ الْقَضَاءِ بِشَاهِدِ — التَّخْصِيْصِ لِي فُتِحَتْ بِهِ الْأَبْوَابُ
Ni’amun bihaa sabaqal-qadhaa’i bisyaahidi – at-takhṣhiṣi lii futihat bihiil-abwaabu
Dengan nikmat itu, takdir telah mendahului dengan saksi – pintu-pintu telah terbuka untukku dengan keistimewaan itu
وَعَلَى فَوَائِدِهَا عَثَرْتُ بِشَاهِدٍ — فِي الذَّوْقِ أَسْفَرَ مَا عَلَيْهِ نِقَابُ
Wa ‘alaa fawaai’dihaa ‘atsaartu bisyaahidin – fiidz-dzauqi asfara maa ‘alaihi niqaabu
Dan atas manfaatnya aku menemukan saksi – dalam rasa, apa yang tersembunyi telah terungkap
حَقَقْتُهُ وَعَرَفْتُهُ وَفَهِمْتُهُ — فَبِهِ الْقَبُوْلُ لَدَيَّ وَالْاِيْجَابُ
Haqqaqtuhu wa ‘araftuhu wa fahimtuhu – fa bihil-qabuulu ladayya wal-ijaabu
Aku telah mewujudkannya, mengetahuinya, dan memahaminya – maka dengannya aku diterima dan disetujui
مُتَلَفَّيًا مِنْ حَضْرَةٍ نَبَوِيَّةٍ — عَنْهَا تَلَقَّى عِلْمَهَا الْأَقْطَاب
Mutallaffayan min ḥaḍhratin nabawiyyatin – ‘anhaa talaqqa ‘ilmahaal-aqṭhaab
Berpegang teguh pada kehadiran kenabian – darinya para pemuka agama menerima pengetahuannya